Iron man dunia nyata dari bali, I Waya SUmardana (Tawan)

image

Assalamualaikum

Brosis, orang Indonesia itu kreatif. Lebih kreatif lagi jika hal itu dalam sisi positif bukan negatif. Nah, salah satu kreatifitas yang akhir-akhir ini nampak adalah teknologi tangan robot dari barang bekas. Adalah I Wayan Sumardana, asal Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali.

I Wayan adalah seorang tukang las yang menderita kelumpuhan tangan kiri sejak 6 bulan (dari bulan Januari 2016 berarti sektiar Agustus 2015). Nah, tentu dengan lumpuhnya salah satu tangannya berarti pekerjaannya bakal terganggu dan dia tidak bisa menafkahi keluarganya dengan baik. Maka dari itu, dengan ilmu dan kepintaran yang dimiliki. I Wayan alias Tawan ini membuat sendiri tangan robot dari barang bekas semisal komputer, dinamo, dan part sepeda motor.

Tangan robot ini membantunnya dalam bekerja karena mengoptimalkan kinerja tangan kiri yang lumpuh. Sikunya digerakkan oleh gear yang saling terhubung untuk membantunya bergerak saat bekerja, di mana ada sensor yang ditaruh di kepala untuk mengendalikan tangan-tangan itu secara manual lewat otaknya langsung.

Dengan ilmu di bidang elektronik, Tawan menyelesaikannya dalam dua bulan. Tangan robot ini rencananya bakal disempurnakan lagi yaitu agar lebih mudah menggerakkan tangan kirinya. Sadis bukan brosis? Sadis banget kreatifnya! Kekurangan bukan mengendorkan semangat tapi malah meningkatkan semangatnya. Karena ada yang harus dinafkahi (istri dan anaknya), putar otak dan ide kreatif muncul.

Pantas mungkin dia dijuluki Iron Man dunia nyatanya Indonesia. Cerdas! Bakal ditangkap polisi karena kreatifnya? Kayaknya nggak bakal. La nggak dikomersilkan kok. Jadi gak akan ada masalah pada hak cipta dan merk. 😀 Aman pak Tawan…….. 😉

image

image

Semoga bermanfaat.
Sumber : Tempo

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di BERITA, Gambar, kreatif, renungan dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Iron man dunia nyata dari bali, I Waya SUmardana (Tawan)

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s