Diet Kantong Plastik 2016, upaya mengurangi limbah plastik – dasar hukum dan mekanisme!

image

Assalamualaikum

Brosis, ada program baru dari pemerintah yang berlaku di semua retail perbelanjaan termasuk minimarket. Di mana program tersebut adalah Diet Kantong Plastik. Tujuan dari program ini adalah menjaga lingkungan hidup melalui pengurangan sampah plastik.

Dasar hukun program ini adalah Surat Dirjen Pengelolaan Sampah dan Beracun, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor S.1230/PSLB3-PS/2016 perihal harga dan mekanisme Penerapan Kantong Plastik Berbayar. Disetujui oleh BPKN, YLKI, dan ARPINDO.

image

Program ini berlaku di seluruh retail yang ada di Indonesia. Termasuk minimarket Indomaret/Ceriamart dan Alfamart/Midi. Nah, untuk Alfa sendiri sudah menerapkan sejak 21 Februari sedangkan Indomaret masih mundur karena ada beberapa sebab hingga ada informasi lebih lanjut yang nanti akan bro ndess update.

Nah, nominal pembelian untuk kantong plastik berbayar ini adalah Rp 200,- per kantong. Jika tidak mau membayar, konsumen bisa membawa tas sendiri. Hal ini memang bakal banyak kontranya sih terutama bagi yang kurang update berita dan emak emak biasanya. Banyak kok konsumen yang sudah tahu bahkan bertanya mekanismenya.

Contoh konsumen yang tidak update, curhat di medsos :

image

Contoh bawa tas sendiri :

image

Contoh kantongnya

image

Malah karung

Program ini diadakan karena Indonesia menjadi negara dengan limbah plastik terbesar ketiga di dunia. Untuk mengurangi jumlah limbah yang timbul, maka diterapkan program ini supaya jumlah limbah plastik dapat ditekan. Bukan buat meraup uang loh…. kelak jika program ini berhasil, akan dibuat program CSR sebagai program dari dana yang terkumpul dari program plastik berbayar ini. Ada pertanyaan? Bro ndess menulis ini berdasar pengumuman dari kantor tentang SOP program.

image

image

Semoga bermanfaat.

image

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di BERITA dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Diet Kantong Plastik 2016, upaya mengurangi limbah plastik – dasar hukum dan mekanisme!

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s