Menengok megahnya Flyover milik Exxon di Bojonegoro & dampak tambang minyaknya terhadap lingkungan

Jpeg

Assalamualaikum

Brosis, bro ndess berkunjung ke salah satu hasil proyek milik pertambangan minyak Exxon Mobile Blok Cepu yang berada di daerah Kalitidu, Bojonegoro. Pemandangan sebuah industri yang besar dan megah terlihat dari jalan raya utama alternatif pantura ini. Nah, yang bro ndess fokuskan adalah flyover hasil pembangunan Exxon untuk mengatasi masalah mobilitas armada operasional mereka.Flyover yang bisa dibilang besar, kuat, dan sekelas Suramadu ini mampu dinaiki mobil besar dan berat serta kendaraan berat yang mengangkut alat-alat milik Exxon. Sejatinya ini adalah alternatif pilihan Exxon untuk menghindari perlintasan Kereta Api yang menganggu aktivitas mereka. Maklum, menuju ke lokasi tambang harus melewati rel kereta api. Apalagi sekarang jadi ganda relnya. Apa gak berabe kalau truknya mogok di tengah perlintasan?

Jpeg

Jpeg

Untuk itulah Exxon membangun flyover yang dibilang kelas internasional, seperti Suramadu guna memudahkan mobilitasnya. Apa nggak dananya tumpeh-tumpeh alias banyak banget tuh. Demi gak melintasi rel, dibangun flyover yang megah. Namun sayang sih, jalan sekitar lokasi menuju flyover itu rusak parah. Di tambah kendaraan-kendaraan tonase berat milik perusahaan yang tidak sesuai kapasitas jalan. Menambah rusak jalan yang tergolong sudah lama sekali tidak di renovasi/di rehab itu. Warga sekitar hanya bisa melihat dari jauh kemegahan flyover yang berdiri di atas jalan rusak yang merupakan dampak negatif dari kegiatan itu.

Tanah Bojonegoro itu tanah yang bergerak, karena hampir semuanya terdiri dari gamping karena dulunya Bojonegoro itu dasar laut. Di bangun dengan tipe jalan apapun tetap rusak kalau kualitasnya “standart”. Bojonegoro sendiri kena dampak negatif yang bro ndess rasa sangat berbahaya buat kelangsungan ekosistem. Perubahan iklim!! Cuaca di Bojonegoro menjadi makin panas saat siang, melebihi Gresik dan Surabaya. Walau memang pagi dan malamnya masih lebih dingin tapi saat siang? Beuh…. Panas banget bro… Banyaknya pompa minyak dan gas yang di bakar membuat efek nyata bagi iklim. Terlebih Bojonegoro yang dulu adem sejuk kini jadi panas dan gerah.

Apakah Bojonegoro akan jadi the next freeport area? Yang hanya bisa melihat dari jauh kandungan perut mereka di jarah oleh luar negeri. Semoga tidak ada dampak negatif seperti Sidoarjo. Sangat disayangkan. Walau pembangunan sana sini sudah dilakukan, tapi kenapa daerah dekat tambang yang jadi sumber pendapatan kurang tersentuh ya? Hanya bisa melihat….

Semoga berguna.

 

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Ndeso 94 Android.

Artikel lain :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di sekitar dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Menengok megahnya Flyover milik Exxon di Bojonegoro & dampak tambang minyaknya terhadap lingkungan

  1. lintang berkata:

    Kenalkan saya lintang dari Jogja.
    Ingin dengar pendapat anda tentang Kang Yoto. Menurut sampeyan yang asli Bojonegoro, perubahan apa saja yang dibawa Kang Yoto setelah beliau jadi bupati 2 periode terutama yang menyangkut pengelolaan migas?
    Ada enggak dampak yg sampeyan rasakan dari kepemimpinan Kang Yoto selama ini?
    Mohon responnya, terimakasih.

    Salam matoh πŸ™‚

    Suka

    • Bro Ndes 94 berkata:

      Perubahan ya… oh iya salam kenal juga…

      Kalau danpak pengelolaan migas blm terasa. Yg ada malah bojonegoro tambah panas karena efek pembakaran gas bumi.

      Suka

  2. lintang berkata:

    Kebetulan saya sedang menulis skripsi tentang Bojonegoro. Saya mohon bantuannya, terimakasih πŸ™‚

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s