Hanya bisa mengelus dada ketika diri ini jadi korban para penjilat

Met siang

Pernahkah anda dengar istilah penjilat? Dalam istilahnya itu adalah kata kiasan yang bermaksud menyindir mereka yang suka pencitraan kepada atasan/bos/pimpinan mereka dengan memanfaatkan berbagai cara agar citranya tetap baik dan lebih baik dibanding rekannya.

Para penjilat juga bertujuan agar hidupnya aman, dan tentram dengan mendapatkan keuntungan lebih dari atasannya karena “pencitraan yang sukses”. Banyak kita temui hal ini di dunia kerja, pendidikan, dan politik. Bahkan dalam keluarga’pun ada.

Ane sendiri menyadari itu, banyak ane temui kondisi-kondisi di mana terlihat jelas bagaimana seorang bisa dikatakan penjilat. Iya kalau gak ada akibat yang ditimbulkan, tapi seringnya akibat yang timbul itu merugikan kita yang tak tahu apa-apa! Pencitraan para penjilat hanya merugikan rekannya sendiri.

Kenapa bisa begitu? Bisa saja terjadi. Tak peduli apa yang terjadi. Ane pada jaman sekolah, kerja, sering banget kena getahnya dari mereka para penjilat. Sesuatu yang jarang ane temui saat ane sekolah SD. Saat SMP baru tahu. Waktu kerja’pun begitu, selalu ada yang namanya diskriinasi dan pencitraan. Hal itu sangat umum terjadi pada pekerja di Indonesia terutama antara manajer, pimpinan, dan anak buah.

Manajemen ABS (asal bapak senang) juga merupakan salah satu produk nyata dari aksi para penjilat. Selalu tampil baik hanya jika ada manajer/yang lebih tinggi jabatannya. Tidak hanya antara pimpinan dan rekan kerja. Bahkan sesama rekan kerja’pun kadang dibuat susah.

Susah memang menghadapi mereka. Namun, bagaimana lagi itu sudah menjamur di seluruh bidang pekerjaan di Indonesia dan sudah jadi budaya. Ah, yang penting kita bekerja sesuai aturan, ikhlas dan berdoa maka hasilnya juga kita petik sendiri. Belajar ikhlas saja jika kita temui hal semacam ini. Karena Allah SWT yang menilai keikhlasan kita dalam bekerja dengan sempurna, bukan cuman atasan aja. Barokah rejeki kita nanti.

“Dan Dia bersamamu di mana pun kamu berada.”(QS. al-Hadd [57]: 4).

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

#Salam_Ndeso_Bojonegoro

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di renungan dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Hanya bisa mengelus dada ketika diri ini jadi korban para penjilat

  1. ahmadfaisolat berkata:

    mengelus dadanya kasir :mrgreen:
    .
    .
    .
    .
    kasir shift malem

    Suka

  2. basuki berkata:

    di Indonesia memang banyak yg perlu dibenahi.

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.