Danger Prediction : Adaptasi & Ketajaman Mata

Assalamualaikum

Brosis, selain ruang lingkup berkendara. Ada hal lain yang biasanya berpengaruh terhadap identifikasi dalam berkendara. Yaitu soal adaptasi dan ketajaman mata pengendara. Dimana diperlukan prediksi dan antisipasi kondisi yang akan dilewati.

Nah, proses ini berlangsung di bawah 1 detik atau pas. Kalau lebih berbahaya, berarti kita ngelamun atau bengong, abis itu nabrak.

Proses analisa atau identifikasi ini tergantung ketajaman mata kita, selain ruang lingkup mata. Durasi dari analisa ini tergantung kecepatan dan usia, serta kondisi cuaca.

Seperti di infografis, kecepatan 10kpj memiliki batas paling rendah analisa. Kita 1 detik sekalipun masih bisa menentukan reaksi apa selanjutnya. Namun semakin tinggi maka semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk menganalisa. Hal ini juga dipengaruhi kondisi mata apakah normal, berbeda jika mengalami minus atau silinder. Kondisi siang dan malam pun berbeda. Biasanya saat malam, bakal menurun 25% dari kondisi siang hari.

Kondisi ini juga berlaku saat perubahan cahaya. Terutama saat melewati terowongan gelap, yang memiliki lampu redup. Infografis menunjukkan, mata manusia memiliki durasi adaptasi cahaya. Adaptasi cahaya gelap 4-7 detik dan adaptasi cahaya terang 2-5 detik.

Ini berlaku juga ketika kita tidak sengaja terkena cahaya lampu kendaraan lawan arah yang langsung kena mata, misal saat ngedim atau lampu jauh. Adaptasinya lumayan lama. 3-10 detik. Pemulihan setelah cahaya kembali normal, untuk anak anak 3 detik. Orang dewasa 10 detik. Dan orang mabuk 5 detik.
Nah, ini mesti jadi perhatian khusus buat ANDA yang rajin lampu jauh atau dim mendadak. Perhatikan dengan baik baik, pakai disaat yang tepat dan darurat.

Materi Danger Prediction diberikan langsung oleh Dimas Satria Kelana Putra instruktur Safety Riding MPM Distributor. Dalam kelas online “Blogger dan Vlogger #cari_aman competition”

Jangan Lupa Subcribe Juga YouTube NDESO94 Vlog. Biar Nambah Banyak dan Bisa Bikin Konten Banyak Lagi

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Materi, otomotif, Tips Oto dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Danger Prediction : Adaptasi & Ketajaman Mata

  1. Ping balik: Danger Prediction, Materi Kelas Online Safety Riding #Cari_Aman By MPM Honda | Rider Ndeso94 (dot) com

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.