Sejarah Toyota Kijang

Assalamualaikum

Brosis, siap yang tidak tahu Toyota kijang. Mobil yang sudah memasuki generasi terbaru yang sudah berbeda sasis dan bodi ini sebelum era Innova, memiliki banyak varian terbaru. Kendati bentuknya tak jauh beda di bodi kabin luar. Tapi mesin, interior, bodi belakang banyak yang berbeda loh.

Dijelaskan oleh Muhammad Yusuf Lazuardi dari grup Sejarah Transportasi. Menjelaskan panjang lebar mengenai sejarah mobil yang lahir di era orde baru ini. Di mana nama asli kijang sendiri berasal dari singkatan Kerjasama Indonesia Jepang.

Setelah 10 tahun generasi ketiga beredar, akhirnya pada Januari 1997 PT. Toyota Astra Motor merilis generasi keempat dari toyota kijang. Kijang yang diberi julukan kijang kapsul ini memiliki bentuk yang lebih manis, dinamis, dan membulat. Kijang kapsul memiliki kode F70 untuk sasis pendek dan F80 untuk sasis panjang. Model awal kijang kapsul memiliki tampilan yang cukup gagah, lampu depan masih mika kaca, bumper depan dan belakang terbuat dari besi. Mesin yang digunakan generasi awal kapsul ini memakai mesin bensin 7K OHV berkapasitas 1.800cc dengan sistem karburator bertenaga 81HP dengan torsi 139nm, varian bensin dibekali transmisi manual 4 speed dan 5 speed, serta hadir juga dengan varian transmisi automatic 4 speed. Serta hadir juga pilihan baru dengan mesin diesel 2L berkapasitas 2.400cc dengan sistem direct injection yang hanya tersedia dalam transmisi manual 5 speed saja. Kijang kapsul tersedia dalam 3 tipe yaitu standard, deluxe, dan grand dengan 2 pilihan mesin yakni bensin dan diesel.

Tipe standard (LX dan SX) hanya memiliki bangku baris ketiga model face to face, jok tengah tanpa head rest, tanpa konsol tengah, tanpa audio, door trim berbahan vinyl, kaca engkol, tanpa takometer di spidometernya, velg kaleng R13, belum memiliki power steering khusus varian bensin, transmisi manual 4 speed, lampu model jedok. Tipe deluxe (LSX dan SSX) cukup lengkap, bangku baris ketiga sudah hadap depan khusus LSX, velg kaleng R14 ditutup dop plastik dengan ban radial 185/80, sudah power steering, spidometer dengan takometer, sudah ada konsol tengah, audio tape merk panasonic, kunci dengan central lock, door trim dengan arm rest dan bahan fabric kasar, transmisi manual 5 speed, lampu depan model sejajar grill.

Lalu ada varian deluxe UP dengan tambahan velg racing R14 merk enkei dengan ban radial 195/70, kaca dengan power window, konsol tengah dengan arm rest, central lock dengan alarm. Lalu varian grand (LGX dan SGX) memiliki kelengkapan yang lebih, yakni wiper kaca belakang dengan washer, velg alloy R14 dengan ban radial 195/70, ac double blower, seluruh jok memiliki head rest, door trim dengan arm rest yang lebih panjang, jok dan door trim berbahan beludru, audio tape merk alpine dan tweeter di pintu depan, fog lamp bagian depan, jok tengah dengan pelipatan 60:40, varian bensin tersedia dengan transmisi automatic 4 speed. Lalu beberapa bulan kemudian, hadir pula varian luxury kijang kapsul dengan nama kijang krista.

Krista memiliki kelengkapan yang sama dengan LGX dengan tambahan body moulding, warna two tone, grill dengan bentuk yang berbeda, spion lebih besar dengan pengaturan elektrik, velg dengan motif yang berbeda, dan wood panel di beberapa bagian interiornya. Lalu kijang kapsul generasi pertama ini punya beberapa varian lainnya, yakni rangga yang merupakan varian termewah dari kijang sasis pendek yang memiliki tampilan seperti jip, jantan raider dengan tampilan ala SUV dan grand rover ace yang memiliki tampilan seperti land cruiser VX80. Kijang kapsul juga tersedia dengan varian pick up flat deck dan wide deck, lalu bus chasis (biasanya untuk keperluan mobil box, ambulans, angkot).

Bulan Februari 2000, kijang kapsul dengan tampilan baru diluncurkan. Memiliki grill baru, lampu lebih besar, bumper baru, kaca belakang lebih besar, dashboard baru, dan kini mesin menggunakan teknologi injeksi atau electronic fuel injection di mesin bensinnya. Penggunaan teknologi EFI di mesin bensin kijang kapsul agar lebih ramah terhadap lingkungan.

Mesin 7K-E OHV dengan sistem injeksi ini masih berkapasitas 1.800cc, tapi tenaga meningkat menjadi 84HP dan torsi juga meningkat menjadi 142nm. Mesin EFI ini digunakan pada kijang varian deluxe, grand, dan krista. Sementara varian standard tetap dengan mesin 7K karburator. September 2000, dihadirkan pilihan tambahan kijang varian bensin dengan mesin yang lebih besar, kijang kapsul ini diberi nama kijang 2.0. Pilihan mesin baru ini merupakan mesin 1RZ-E dengan kapasitas 2.000cc OHC bertenaga 100HP dan torsi 162nm, mesin baru ini sudah menganut euro 2. Pilihan mesin 2.000cc hanya tersedia di varian grand dan krista saja dan tersedia dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 speed dan automatic 4 speed.

Di kijang kapsul model terbaru ini atau sering disebut kijang EFI, memiliki bumper baru yang sedikit panjang dari model sebelumnya, namun menggunakan bahan dari plastik. Lampu depan baru dengan multi reflector yang semakin terang, kaca belakang lebih lebar tanpa lis karet disekelilingnya, grill baru yang lebih lebar.

Pilihan varian tetap sama seperti sebelumnya, namun untuk varian standard (LX dan SX) transmisinya sudah 5 speed, varian grand (LGX dan SGX) spionnya sudah menggunakan sistem pengaturan elektrik, desain velg pun juga baru. Interior dengan dashboard model baru yang membulat dari sebelumnya kotak, warna interior dominan abu-abu dari sebelumnya abu-abu dan hitam. Varian krista memiliki perubahan cukup lumayan, seperti grill lebih besar berlapis krom, velg R15, wood panel di beberapa bagian interior. Fog lamp di varian grand dan krista menjadi di bumper.

Perbedaan di varian 1.8 dan 2.0 adalah spion dengan cover krom, pintu bagasi dengan ornamen krom di dudukan plat nomornya, lis bodi di pintu dan grill warna silver (khusus varian grand). Setir di kedua varian berubah menjadi model 3 palang seperti yang dipakai di corolla tipe XLi, spidometer varian 1.8 hanya sampai 160 km/h, sementara varian 2.0 sampai 180 km/h. Varian diesel tetap ada di kijang kapsul generasi kedua ini.

Agustus 2002, toyota kembali melakukan perubahan tampilan kijang kapsul karena sebelumnya santer kabar kalau kijang akan berubah model jadi lebih modern. Grill lebih lebar, lampu depan semakin lebar, lampu belakang dengan tampilan ala land cruiser VX100, interior dengan warna cerah. Kijang kapsul generasi ketiga ini diberi nama new kijang. Tampilan new kijang lebih gagah, lebih elegan dan lebih mewah. Tipe yang tersedia masih sama dengan sebelumnya, namun untuk pilihan krista 1.8 sudah distop produksi. Warna interior cerah hanya ada di varian grand dan krista saja, warna yang digunakan kombinasi antara beige dan abu-abu, setir varian grand dan luxury lebih tebal dengan emblem toyota warna krom. Di varian krista mendapatkan audio baru, audio double din lansiran pioneer. Fitur baru yang ada di kijang kapsul generasi ketiga adalah jok baris kedua yang punya fitur sliding dan khusus krista, ada fitur child lock di pintu bagian penumpang. Velg pun berubah model, namun ukuran tetap sama seperti sebelumnya. Tetap tersedia varian bensin 1.8, bensin 2.0, diesel 2.4.

New kijang kapsul merupakan generasi terakhir kijang kapsul, dan produksinya dihentikan pada Juni 2004 sebelum akhirnya digantikan oleh kijang innova pada september 2004.

Perbedaan setiap varian toyota kijang kapsul :

1. Pada kapsul generasi pertama, varian transmisi matic diberi tulisan automatic dibawah emblem variannya.
2. Di kapsul EFI, diberi tambahan emblem tipe kapasitas mesin dan EFI dibawah emblem variannya, sementara khusus matic diberi emblem 4AT (contoh : 1.8 EFI 4AT).
3. Di varian diesel, kapsul generasi pertama hanya diberi tulisan diesel, sementara di kapsul generasi kedua dan ketiga hanya diberi emblem 2.4D.
4. Varian deluxe up, baik bensin maupun diesel mempunyai bentuk velg yang berbeda. Deluxe up diesel memakai velg racing palang 5, sementara deluxe up bensin memakai velg racing palang 6, semua lansiran enkei.
5. Varian deluxe EFI lansiran 2000 masih memakai velg kaleng ditutup dop dan spion manual seperti varian sebelumnya, sementara untuk produksi 2001 dan selanjutnya sudah memakai velg racing dan spion elektrik.

Fakta kijang kapsul :

1. Kijang kapsul diesel dirilis untuk bersaing dengan isuzu panther yang sudah merajai minibus diesel.
2. Varian deluxe up hanya tersedia di jaringan dealer auto2000.
3. Kijang rangga merupakan kijang SSX dengan tampilan ala jip.
4. Toyota pernah memproduksi kijang krista dengan ban serep seperti rangga sebanyak 3 unit.
5. Kijang kapsul tipe jantan raider hanya dijual di jaringan dealer tunas toyota, sementara tipe grand rover hanya dijual di jaringan dealer astrido toyota.
6. Toyota sempat membuat kijang varian diesel matic, namun itu hanya untuk kalangan internal toyota saja.
7. Toyota juga sempat memasukan beberapa unit diesel turbo di kijang pada 1998 untuk diuji kelayakannya, namun tidak jadi dijual.
8. Sebelum ada varian grand (LGX dan SGX) diesel, pernah ada kijang diesel Hi-G yang berbasiskan dari deluxe up dengan beberapa optional tambahan, hanya beredar tahun 1997 saja.
9. Varian grand dengan mesin diesel baru dijual pada 1998.
10. Sejak 1999, toyota sudah tidak menjual kijang varian rangga, jantan raider, grand rover.

Semoga bermanfaat

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di otomotif, Transportasi dan tag , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s