Kenapa Motor Trail Enduro Butuh Electric Starter

Assalamualaikum,

Brosis, mungkin ada yang hobby melihat youtube enduro luar negeri. Pasti bakal liat kebanyakan mesin Enduro baik 2 tak maupun 4 tak selain Yamaha YZ 2tak memakai elektrik stater. Jarang sekali liat yang main pancal.

Lalu apakah alasan elektrik stater merupakan hal penting? Menurut Novan Pamungkas, alasan mengurangi beban magnet membuat motocross hanya mengandalkan kick-starter untuk menghidupkan mesin. Tentunya ini sangat merepotkan bila digunakan main trabas.

Sedangkan motor Enduro selalu dilengkapi Double Starter (Kick+Electric), bahkan KTM250exc-f model 2018 hanya mengandalkan electric-starter.

Lintasan enduro yang melewati jalur sulit membuat berpotensi jatuh-bangun. Bisa dibayangkan ketika stamina sudah terkuras, atau berada dalam posisi sulit seperti di lereng yang curam pasti menyulitkan menyalakan motor dengan kick-starter yang membutuhkan tenaga extra dan posisi yang stabil. Bisa dilihat di youtube milik Enduro Kex di mana terlihat bahwa KTM milik si owner channel memakai elektrik stater only, begitu mudah buat stater. Sedangkannya yang memakau Yamaha YZ memakai kick stater lumayah susah. Apalagi pas trouble. Bisa lepas itu kaki.

Seperti yang Novan Pamungkas alami saat terdampar di jalur offroad yang sepi & asing dengan kaki kanan patah akibat terjatuh. Seandainya saat itu memakai motor tanpa electric-starter seperti Yamaha YZ250X, maka yang bisa dilakukan hanya meninggalkan motor dan merangkak menembus belukar sejauh 3 kilometer sampai bertemu jalan aspal.

Beruntung yang dipakai Honda CRF250R yang meskipun bobotnya berat tapi memiliki electric-starter yang dalam kondisi ini menjelma bagaikan dewa penolong. Jadi meskipun mesin mati karena terjatuh, setelah ditegakkan cukup memencet electric-starter maka mesin langsung hidup kembali.

Ini berbeda dengan motor modifikasi odong odong yang meniadakan motor ini. Ya beberapa memang memakai mesin yang non stater elektrik. Mungkin kedepan kalau bangun motor trail, jangan lupa elektric staternya dipasang. Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Tips Oto dan tag , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s