Bukan Gardan, Penggerak Roda Bajaj Ternyata Rantai

Assalamualaikum,

Bajaj roda 3 merupakan salah satu angkutan umum di Jakarta. Di mana Bajaj Jakartq ini memiliki desain seperti Bajaj di India. Bedanya ada pada warnanya. Bajaj merah ini sudah dipensiunkan dan diganti dengan Bajaj biru produksi TVS yang sama sama dari India.

Bajaj sendiri memiliki beberapa keunikan, seperti mesinnya yang 2tak dengan asap seperti pengasapan. Di tambah bagian suspensi sangat sederhana, depan cuma per tanpa tabung dengan desain seperti Vespa. Suspensi belakang cuma besi diberi link. Belum pernah naik Bajaj jadi gak tahu rasanya bagaimana.

Ada yang menjadi pertanyaan sebetulnya, bagaimana mesin Bajaj ini menggerakkan roda? Sedangkan tidak terlihat adanya rantai atau gardan differential di roda belakang. Seperti ban yang nempel pada arm layaknya kendaraan listrik.

Dari mesin posisi terbalik trus di teruskan ke gearbox mundur baru ke as pendek (sebelah kiri) dan as panjang (sebelah kanan), masing masing ada gear di swing arm di teruskan ke gear bagian roda mengguakan rantai. Nah, ternyata penggeraknya memakai rantai yang tertutup cover arm. Makanya armnya kelihatan tebal. Ternyata di dalamnya ada rantai.

Resikonya jika rantai putus, cover bisa pecah terkena rantai yang mungkin juga tebal seperti rantai motor roda tiga yang pakai rantai, belum gardan. Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Transportasi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bukan Gardan, Penggerak Roda Bajaj Ternyata Rantai

  1. klikenter27 berkata:

    lha, baru tau ya? 😀

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s