Terguling Di Sungai, Mesin CRF150L Macet 

Assalamualikum

Brosis, air merupakan musuh utama sistem pembakaran. Jika sampai kemasukan ke bagian kompressi alias bagian pembakaran mesin yang mempertemukan berbagai komponen penting, bakalan ada problem parah.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Contohnya menerobos banjir. Jika air sampai lolos lewat filter udara atau knalpot, otomatis mesin bakal macet dan ngejim. Nah, terutama buat motor yang sering dipakai offroad melewati sungai atau genangan air. Wajib hati hati, terutama saat motor terguling di tengah air. Contohnya seperti ini :

Jika merasa mau jatuh, mesin langsung matikan. Karena biasanya air bakal masuk lewat knapot maupun filter udara. Jika masih nyala terutama rpm tinggi, otomatis bakal terjadi efek water hammer. Kompressi turun bahkan gagal terjadi pembakaran. Hingga tekanan berlebih pada piston menyebabkan stang bengkok.

Honda CRF150L di atas contoh telat cut off ditambah posisi rpm tinggi saat terguling. Jadinya air masuk lewat filter udara. Jangan tanya kenapa injeksi tapi enggak mati, infonya sih sudah rubahan ECU BRT sehingga limit dilepas dan LAS mungkin juga iya.

Faiznoer Afnos, mengatakan CRF ini termasuk kuat. Karena masih bisa dinyalakan untuk evakuasi, walau ya mesin acak acakan rusak. Tak perlu dorong dah. Tapi ya nangis liat penggantian partnya. Kecuali motornya ini memang dipakai offroad, pemiliknya pasti duitnya lebih. Hehehe.

Intinya adalah buat pelajaran aja terutama buat yang suka offroad. Jika ketemu kali atau sungai lebih hati hati, hal sepele efeknya bikin kempes dompet. Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di otomotif, Tips Oto dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Terguling Di Sungai, Mesin CRF150L Macet 

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s