Honda Verza Monoshock RDB, Tips dan Trik Modifnya

banner

X RIDE_3

Assalamualaikum

Brosis, Honda Verza bisa dibilang motor baru brand Jepang yang masih memakai shock double. Brand lain sih ada TVS  yang jarang terlihat di jalanan. Verza ini lumayan laris manis, karena murah seharga motor bebek, iritnya juga. Banyak yang memakai sebagai motor sehari hari, motor operasional kantor, dan motor touring.

Nah, sudah beberapa tahun bahkan hampir 5 tahun ini Verza tidak mengalami facelift major. Cuma ganti stripig dan sistem injeksi euro 3, yang ditandai perubauan warna knalpot. Selain itu, tidak ada desain dasar Verza yang dirubah AHM. Entah kenapa ya. Ada seorang rekan sesama blogger, yaitu owner Otobalancing.net yang merupakan owner Verza generasi pertama yang sudah lebih 3 tahum memakai Verza.
Verza miliknya itu menggantikan Honda Tiger 2000nya. Kenapa pilih Verza? Setelah bertahun tahun memakai, akhirnya pilihannya tidak salah. Motor irit, ngebut walau gak ngebut ngebut amat tetap standartlah kecepatan, kuat diajak touring jarak jauh tanpa kendala. 

Pusing karena Verza gak ada facelift dari Honda. Dia kemudian memfacelift sendiri motornya. Modifikasi yang dia bikang facelift ini harusnya yang dilakukan oleh Honda untuk Verza terbaru. Yaitu Verza Monoshock.

Wawancara singkat bro ndess tentang motor milik juragan Modder Kamera Aksi ini menyimpulkan beberapa tips dan trik modif yang dilakukan kepada Verzanya agar tak kalah tampilannya dengan motor baru.

Verza Modifikasi Monoshock.

Karena kebanyakan motor sport baru brand Jepang, memakai monoshock maka pengen juha nih Verza yang standartnya dual shock jadi monoshock. Apa saja sih yang perlu di siapkan?

  • Shock Byson original.
  • Tukang Las terbaik buat modif motor (bisa cari rekom via komunitas motor)

Di tukang las, minta bikin dudukan monoshock di bagian tengah depan arm original Verza, bisa mencontoh arm punya Megapro. Kemudian dudukan atas dengan ditambah rangka dari besi bebas karat atau keropos. Pakai las listrik ya, jangan karbit. Dudukan ini harus pakai besi yang kondisi baik, karena sebagai tumpuan utama shock motor dan beban belakang nantinya.

Shock Byson ini sangat empuk, jadi resiko ambles bisa terjadi. Solusinya menambah 2 ring pada bagian bawah shock. Kenapa harus shock Byson ya, menurut ownernya ya itu. Keempukannya pas, lagipula sistem monoshocknya konvensional. Byson sendiri memakai sistem shock konvensional juga, shocknya lebih empuk dari NMP.

Penampakan shocknya dan dudukan :

Nah, karema dirubah jadi monoshock tentu meninggalkan bekas tempat dual shock original. Kalau enggak eman dan ingin finishing yang rapi. Bagian ini bisa dihilangkan dengam Gerinda. Untuk mempermanis dan membuat kekar tampilan arm belakang, bisa memakai spakbor kolong milik Byson.

Verza Rear Disc Brake (RDB). 

Seakan gak cukup dengan monoshock, Owner Otobalancing.net ini juga memodifikadi bagian rem belakang. Dengan memakai RDB layaknya sport jaman now di Indonesia. Tentu pemasangan cakram di velg memakai adaptor cakram khusus. 

Untuk perangkat RDBnya bisa memakai punya CB150R. Kenapa pakai punya CB? Karena lebih modern aja. Secara tampilan kesannya motor sport baru, RDBnya. Kaliper rem di depan. Kalau belakang kan jadi kayak Tiger yang RDB walau dual shock.

Dudukan kaliper bisa disesuaikan dengan dudukan rem tromol. Kemudian bagian selang rem dan tempat minyak rem disesuaikan dengan pijakan rem. Ini bisa diserahkan ke bengkel atau mungkin brosis punya skill DIY.

Penampakannya :

Bagian kaliper set

Bagian footstep

Rubahan dari tuas tromol mekanis menjadi cakram hidrolik

Dan beginilah finishingnya, nampak lebih modern dan tidak membosankan. Frustasi Verza gak pernah facelift major, difacelift sendiri :

Nah, brosis jika penasaran tata caranya lebih detail bisa mengunjungi blognya yaitu Otobalancing.net, owner dari Verza Facelift Modif ini. 

Cek modifikasi Monoshock Verza yang lain —>>> Kumpulan Modifikasi Verza Monoshock

Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Gambar, kreatif, modifikasi, Tips Oto dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Honda Verza Monoshock RDB, Tips dan Trik Modifnya

  1. Verza Surabaya berkata:

    Mantap kang, terima kasih sudah di muat

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s