Darurat, V-Belt Vario 125/150 putus! bisa pakai versi Vario 125 lama….

Assalamualaikum

Brosis, menginjak km ke 52ribu. VarTech bro ndess mengalami trouble khas motor matic, yaitu V-belt putus! Ini kali kedua bro ndess mengalaminya di motor yang sama.

Nah, susahnya situasi saat itu. Karena jauh dari AHASS terdekat. Lokasi trouble berada di Sidodadi, Lamongan. Jarak AHASS terdekat sekitar 7km lebih. Bro ndess agak bingung juga. Karena V-belt Vario ini tidak semua bengkel ready. Harganya pun relatif lumayan mahal dan gak dijual satuan (jarang). Apalahi hari minggu, jam 12 siang. Bro ndess kurang tahu apakah buka atau tidak AHASS terdekat yang bro ndess tahu.

Setelah 2km ndorong, bro ndess ketemu bengkel motor biasa, Nahto Motor sebelum SPBU Sidodadi. Agak ragu, jual V-belr atau enggak ini. Nekad aja deh. Akhirnya bro ndess mampir. Setelah konsultasi, mekanik bengkel bilang gak ada stock V-belt Vario 150.

Bro ndess coba tanya, kalau pasang yang versi lawas gimana? Nyetock enggak? Mekanik bengkel yang nangankn, konsultasi dengan mekanik yang lain. Akhirnya dicoba dahulu dengan pengukuran. Pakai V-belt Vario 125 lama.

Nah, setelah dicoba ternyata cocok. Yaudah, dipasang deh V-belt Vario 125 lama ke Vario bro ndess. Menurut mekanik, efek yang akan dirasakan mungkin motor lebih lemot. Bentuk V-belt yang baru, di desain bikin motor melaju lebih ringan dan cepat. Bro ndess mah yang penting motor bisa jalan. Haha.

V-belt yang dipakai bukan merk Astra, melainkan merk Mitsubishi. Pemasangannya pun PnP. Nih gambar pemasangannha :

Problem fixed gan…. Akhirnya motor bisa jalan lagi. Berapa lama daya tahan V-belt ini? Entah bro ndess tidak tahu. Yang jelas, bakal dipakai sampai V-belt memaksa ganti baru.

Untuk harga sendiri, V-belt ini harganya Rp 95rb + ongkos Rp 35rb. lamonhan ongkosnya murah dibanding Surabaya. Hehehe.

Impressi pertama pemakaian, motor terasa banget lebih lemot. Top speed? Ya masih bisa 100kpj lah. Tapi, gak bisa lebih. Yang penting masih bisa di ajak kencang.

Oh iya, bro ndess kasih tips indikator bahwa V-belt sudah mendekati kritis :

  • Kondisi V-belt retak parah.
  • Akselerasi lebih lemot, putaran atas down.
  • Sering slip, kadang malah speed jadi turun drastis.
  • Getaran seperti mengganjal.

Oh iya, usia pemakaian berdasar odometer juga diperhatikan. Biasanya bertahan sampai 25ribu km kecuali kondisi ekstrim misal rute pegunungan atau kebanjiran. V-belt rentan putus bila kena air terutama banjir.

Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Story, Tips Oto dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s