Flu Singapura atau KTM, jarang terdengar tapi berbahaya!

image

Assalamualaikum

Brosis, kuliah kemarin teman bro ndess menceritakan bahwa anaknya mengalami gejala flu Singapura. BRo ndess terkaget begitu juga teman kuliah yang lain. Apa sih itu Flu Singapura? Katanya penyakit yang ditemukan pertama kali di Singapura, serta gejalanya amat berbahaya dan menular.

Istilah flu Singapura tentulah asing bagi sebagian besar warga Indonesia. BRo ndess yang penasaran lebih jauh tentang penyakit ini pun googling di internet. Bro ndess menemukan deskripsi dari flu Singapura.

Flu singapura adalah penyakit infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan yang banyak pada bibir dan mulut bagian dalam, luka lepuhan juga muncul pada tangan, kaki, dan terkadang pada bokong atau daerah popok. Penyebab dan Cara Penularan Flu singapura Penyebab Flu singapura adalah virus RNA famili Picornaviridae, Genus Enterovirus terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus

Sumber : http://mediskus.com

Na, istilah kedokteran dari flu Singapura adalah hand foot and mout disease atau HFMD, yang jika di Indonesia namanya KTM (Kaki Tangan Mulut). KTM ini singakatan penyakit ya bukan produsen motor asal Austria. Hehehehe. Ciri ciri yang sering terlihat adalah leuphan pada kaki, tangan dan mulut. Lalu kenapa penyakit ini disebut penyakit flu Singapura?

Dalam sejarahnya, penyakit ini disebut dengan nama Flu Singapura karena pada tahun 2000an terjadi ledakan penyakit ini di Singapura hingga lebih dari 2600 kasus, bahkan beberapa kasus mengakibatkan kematian. Nah, karena kejadian tersebut menghebohkan dunia, maka terkenallah penyakit ini dengan nama Flu Singapura

Sumber : http://www.nurulsefty.com

Virus Penyebab Flu singapura ringan adalah Coxsackie A16, sedangkan penyebab yang menimbulkan kasus berat atau berpotensi menimbulkan komplikasi hingga kematian adalah Enterovirus 71. Karena penyebabnya virus maka flu singapura ini mudah menular, brosis. Bagaimana cara penularannya? Seperti penyakit flu pada umumnya tentu. Yaitu melalui :

  1. droplet saat bersin, air liur, tinja,
  2. cairan dari vesikel atau ekskreta.
  3. Penularan kontak tidak langsung bisa melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh cairan tersebut.

Yang paling sering terkena adalah balita usia 2 minggu sampai 5 tahun. Ada pula kasus pada anak usia 10tahun. Untuk orang dewasa sendiri jarang sekali karena kekebalan tubuh orang dewasa masih bisa menahan virus ini namun, tak menutup kemungkinan bisa terjadi.

Anak yang pernah terkena virus ini, saat sembuh kemungkinan bakal kebal terhadap penyakit ini seperti saat terkena cacar air (beruntunglah yang pernah imunisasi saat kecil). Namun, jika strainnya berbeda maka tak menutup kemungkinan bisa terinfeksi lagi. Karena, bisa saja setiap virus berbeda.

Gejala dan Ciri-ciri Flu Singapura Gejala Flu singapura :

  1. Biasanya akan muncul 3 sampai 6 hari setelah anak terpapar atau terkena virus. Ini disebut masa inkubasi. 2.
  2. Awal mulanya anak akan mengalami demam dengan suhu tubuh 101°F (38°C) sampai 103°F (39°C) disertai rewel atau lesu terkadang disertai pilek.
  3. Pada anak yang lebih gede biasanya mengeluh sakit tenggorokan, pada bayi mungkin akan menolak ASI atau tidak mau minum apalagi makan lantaran sakit menelan.
  4. Kemudian satu atau dua hari berikutnya, muncul bintik-bintik merah yang kemudian menjadi luka atau lecet di mulut (bibir dan pipi bagian dalam, langit-langit dan tenggorokan) mirip sariawan kecil-kecil dan banyak. Disamping itu muncul juga ruam berupa bintik-bintik merah datar atau timbul berisi cairan (vesikel) atau lepuhan, dan terkadang pecah menjadi lecet (ulkus). Ruam atau lepuhan ini biasanya terdapat pada telapak tangan dan telapak kaki; dapat juga muncul pada lutut, siku, bokong atau daerah genital.
  5. Beberapa anak yang terinfeksi dengan virus flu singapura ini mungkin tidak mendapatkan semua gejala penyakit. Sebagian mungkin hanya mengalami ulkus mulut atau lepuhan pada kulit
  6. Seperti halnya penyakit virus lainnya, penyakit flu singapura akan membaik sendiri tanpa pengobatan dalam kurun waktu 7-10 hari.

Dalam kasus teman kuliah bro ndess sendiri juga sama, hanya saja ciri-ciri yang muncul seperti nomor 5. Tidak sampai parah. Anak teman bro ndess ini diisolasi selama seminggu agar penyakitnya tidak menular ke anggota keluarga yang lain. Setelah semingguan, virus ini mulai mereda dan akhirnya sembuh dengan sendirinya.

Walau bisa sembuh dengan sendirinya, bro sis wajib memberikan perawatan untuk meringankan gejala flu Singapura ini. caranya :

  1. Beri anak cairan atau minuman dingin untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. Minum harus banyak agar tidak terjadi dehidrasi.
  2. Jangan memberikan makanan atau minuman yang terasa asam atau pedas, kerupuk, keripik atau gorengan sejenis. Karena makanan ini bisa membuat sariawan lebih menyakitkan.
  3. Untuk meredakan nyeri dan demam, berikan acetaminophen (parasetamol) atau ibuprofen. Baca Aturan Pakai!
  4. Jangan memberikan antibiotik karena penyakit ini disebabkan oleh virus bukan bakteri. Jika anak atau bayi juga mengalami muntah, diare atau tidak dapat makan dan minum sehingga menjadi lemah, maka penderita tersebut harus dirawat.

Karena tidak ada vaksin yang bisa mengatasi. Kita cuma bisa menurunkan resiko dan mencegahnya. caranya :

  1. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah mengganti popok dan menggunakan toilet.
  2. Rajin membersihkan benda-benda yang sering disentuh termasuk mainan anak.
  3. Menghindari kontak dekat seperti mencium, memeluk, atau berbagi peralatan makan atau cangkir dengan orang-orang yang lagi sakit flu singapura.

Nah, semoga kita dan keluarga serta teman atau kerabat kita terhindar dari penyakit ini brosis. Walaupun namanya penyakit flu Singapura tapi kasus di Indonesia juga ada dan berbahaya. Semoga bermanfaat.

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Penyakit dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s