Balap Liar dilegalkan menjadi Car Free Night di Jakarta? eits,,,, ada Syarat dan Ketentuan Berlaku… Berikut lokasinya

image

Drag liar : Jupiter MX vs Ninja 150R

Assalamualaikum

Brosis, udah dengar kabar belum nih? Tanggal 12 Januari kemarin Polisi dalam hal ini Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, rapat bersama Kesbangpol DKI, DInas Olahraga dan Pemuda, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan beberapa lainnya. Yang dibahas adalah tentang fasilitas yang diberikan Polda Metro Jaya terkait fasilitas untuk muda mudi gemar balap liar.

Fasilitas yaitu lokasi untuk lomba balap motor untuk yang sebelumnnya suka balap liar. DIharapkan dengan ini, resiko kecelakaan akibat balap liar bisa diminimalisir. Serta mampu mewadahi remaja-remaja yang suka balap liar tiap malam minggu di beberapa ruas jalan Jakarta.

Lokasi yang dipilih Polda Metro Jaya untuk wadah balap liar di Jakarta ada di Jalan Asia-Afrika, Monas, Lapangan Banteng (Jakpus). Ada juga di Kemayoran atau Benyamin Sueb (Jakut). Yang lainnya ada Kawasan TMII dan arah LP Cipinang (Jaktim). Kenapa jalan-jalan ini dipilih? Selain karena tidak ada lubang jalan, tikungan juga tidak terlalu tajam serta aspal memadai. Polda Metro Jaya akan bekerja sama dengan Pemda setempat serta Binamarga untuk lokasi. Peninjauan dan pelaksanakan akan digilir di masing-masing kota Madya. Strukturnya sudah terbentuk, diperkirakan Februari bisa digunakan. Akan didatangkan para ahli balap untuk membimbing muda-mudi yang suka balap agar terasah skillnya.

Lalu apa tanggapan Gubernur DKI, Ahok>

“Boleh saja kalau ada di Kemayoran dibuat semacam itu, boleh saja. Yang penting dijaga. Kalian jangan salah lho, justru balapan resmi itu akan menghindari kecelakaan,” ujar Ahok saat dikonfirmasi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan,

“Kalau di jalanan enggak diresmikan, itu yang bahaya. Kalau ketabrak ada yang kena batu tajam dan ketancap tiang, mati. Jadi justru kalau balap liar diresmikan, itu lebih baik,” lanjutnya.

“Jalan raya kita atur, mesti ditutup, diatur, ditutupin dan dilindungi. Kalau jatuh gimana? Singapura saja tengah malam kebut-kebutan di jalan raya dan balap formula,” kata Ahok.

“Enggak ada waktu khusus juga dia sembarangan (balap motor). Lebih bahaya jatuh mati banyak. Cabe-cabean mana mungkin marah, ketemu gue  mereka senyum-senyum,” kelakarnya.

Sumber Detik.

Ahok menilai apabila ada jalanan yang dikhususkan untuk balapan liar, bisa jadi wadah untuk mereka yang gemar balapan. Serta untuk latihan skill, dengan resiko minim karena fasilitas sudah tersedia. Soal waktu, kemungkinan besar malam hari. Tetapi, tidak ada waktu khusus. Arena balap sendiri akan mendapat penjagaan ketat aparat polisi.

Nah,,, apakah tidak ada syarat dan ketentuan berlaku bagi para pembalap liar? Ada! Jangan salah brosis. Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, motor harus sesuai spesifikasi balap. Ditambah lagi, memakai helm, memiliki SIM dan STNK yang sesuai.  Kalau tidak pakai helm, SIM, dan STNK ya sudah jelas sanksinya. Kami akan tilang yang mana Rp 250.000 sampai Rp 500.000. Tetapi, kalau misalkan tidak sesuai spesifikasi, akan dikandangkan.

Untuk sirkuit balap, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Dinas Bina Marga Pemprov DKI akan meninjau langsung jalan-jalan yang dianggap layak. IMI juga akan mengajarkan para pebalap mengenai teknik balap. Untuk yang ingin balap, silahkan mendaftar. Akan diberi teknikkal balapnya terlebih dahulu oleh IMI agar profesional.

image

Menurut brosis sendiri gimana? Rangkuman berita yang bro ndess tulis ini jika disimpulkan :

1. Balap liar diberi wadah berbentuki Car Free Night.
2. Balap liar yang dimaksud bukan hanya drag, tapi juga sirkuit.
3. Gubernur menyetujui jika memang meminimalisir resiko.
4. Dirlantas dan IMI ingin mendidik para pebalap liar menjadi lebih profesional.
5. Beberapa Ruas jalan akan ditutup dan dijaga saat CFN oleh aparat.
6. Pembalap liar yang ingin ikut wajib berhelm, SIM, dan STNK sesuai serta memiliki motor spek balap. Motor bodong dilarang masuk atau tilang dan sita.
7. IMI akan mengajari para pembalap liar tersebut tentang balapan profesional dan mengasah skill.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Merdeka, Detik, Jawapos.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di BERITA, otomotif dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Balap Liar dilegalkan menjadi Car Free Night di Jakarta? eits,,,, ada Syarat dan Ketentuan Berlaku… Berikut lokasinya

  1. Rideralam berkata:

    Balap legal jalan, liarpun bakal tetap jalan…

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s