Maspion Group akan pensiunkan dini karyawannya, bersiaplah yang mogok kerja!!!

image

Assalamualaikum

Brosis, buruh lagi mogok kerja nih. Mbuh kenapa. Kok kurang aja gajinya. Udah diturutin eh malah mogok lagi. Maunya apa sih? Kini datang kabar tak menyenangkan dari salah satu perusahaan nasional alat rumah tangga yaitu Maspion Group. Penetapan UMR Jawa Timur 2016 membuat pengusaha angkat tangan. Mereka sudah mentok mau ngapain.

Salah satunya adalah Alim Markus, bos dari Maspion Group. Agar tetap gentar menghadapi kenaikan UMK yang mencekik leher, bos salah satu perusahaan dengan iklan “cintailah produk-produk Indonesia” ini akan mempensiunkan dini 1.800 karyawannya. Menurutnya, pergub terbaru memberatkan pengusaha. Tidak ada keseimbangan antara hak perusahaan dan hak karyawan. Oleh karena itu Alim yang juga ketua APINO Jawa Timur ini menawarkan pensiun dini bagi karyawannya demi efisiensi.

Akibat UMK 2015 saja, sudah banyak perusahaan yang relokasi ke daerah. Bojonegoro salah satunya (pabrik sepatu dan pabrik wings). Banyak pekerja juga di PHK karena perusahaan tidak mampu mengupahi buruh. Ini bukan karena tidak mau memberikan hak lo ya. Tapi ketidakmampuan perusahaan untuk menggaji sedangkan tingkat produktivitas buruh di Indonesia termasuk rendah dibanding Vietnam sekalipun. Banyak perusahaan yang minggat ke luar negeri juga seperti Vietnam yang gaji rendah tapi produktivitasnya tinggi. Tentu ini membahayakan bagi investasi.

image

meme sindiran buat para pemogok kerja

Sebetulnya masih banyak kok buruh yang enggan ikut-ikutan demo, mereka lebih fokus ke kerja. Kalau mereka mogok, mereka akan digaji pakai apa? La perusahaan aja tidak produksi. Kerugian di kedua pihak tentunya. Perusahaan-perusahaan itu berinvestasi, dengan keyakinan dari pemerintah setempat. Namun jika tidak kondusif ya mereka minggat brosis. Lalu bagaimana brosis tanggapan sman tentang demo mogok buruh yang 2 hari ini berlangsung? Demo sih boleh aja. Sah kok, cuma lihat efek kebelakangnya. UMK boleh naik tapi lowongan kerja makin menipis, bahkan pabrik-pabrik bakal beralih ke robot atau mesin yang lebih efisien (jadi inget film luar negeri yang lupa namanya).

Semoga mereka sadar. Semoga………………………….

Sumber : Detik

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Artikel lain :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Lain-lain dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Maspion Group akan pensiunkan dini karyawannya, bersiaplah yang mogok kerja!!!

  1. An_Syahri berkata:

    Jadi pengin ngakak baca berita tersebut.. Dari dulu juga Apindo omongannya seperti itu.. Emangnya dia gak pernah baca Undang-undang ya.. Kan sudah ada aturannya klo memang tidak mampu bayar buruhnya sesuai UMK pengusaha bisa ajukan penangguhan dengan data dan bukti kongkrit bukan asal ngomong doang.. Dan besaran kenaikan bisa dirundingkan kembali di Serikat Pekerja perusahaan tsb.. Sehingga kenaikan gaji bisa tdk sesuai UMK asal sama-sama nerima.. Ane buruh juga bro.. Dan ane gak goblok dan bisa dibohongi dengan pernyataan seperti itu.. Cost perusahaan buat bayar buruhnya tuh cuman 5%-10% dari biaya produksi itupun masih kalah dengan biaya pungli sebesar 20%-40% yg membebani biaya produksi… Situ bilang buruh Indonesia kalah produktif dengan Vietnam dasarnya apa gan..? Copas media doang atau punya dasar yang jelas.. Jangan meremehkan buruh negeri ini bro.. Ane bekerja di perusahaan asing yg punya banyak cabang di negara lain.. Dan kualitas serta produktifitas kita itu lebih baik dibandingkan negara lain.. Bahkan orang Jepang saja kaget.. Keuntungan terbesar perusahaan2x asing itu malah diperoleh di negeri ini..

    Suka

  2. Riyan Pratama berkata:

    Tanggapan saya pun juga sependapat. Perusahaan punya hak merumahkan karyawan bahkan menganti manusia jadi mesin, yang g banyak mulut & gak minta gaji…

    Suka

  3. mariodevan berkata:

    gertak sambal…. biasa dalam segi negosiasi….

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s