Giat & Produktifitas pertanian di kampungku

image

Assalamualaikum

Brosis, pertanian di dusun Bonturi, Desa Caruban, kec Kanor Bojonegoro alias di kampung bro ndess memang tidak terlalu wah dibandingkan daerah yang lainnya. Di dusun Bonturi, kebanyakan berprofesi sebagai buruh tani dan petani. Namun soal produktifitas pertanian, areal bengkok di Bonturi paling luas se Caruban.

Ini potret dari sawah yang masuk Bonturi yang baru panen dan begitu produktif :

image

Kemarau panjang sangat menyengat namun produktifitas tetap terjaga. Semangat bertani para buruh dan petani di dusun bro ndess patut diacungi jempol bro sis.

Dusun Bonturi ini memang pemudanya kebanyakan merantau, karena di kampung pilihan kerja cuma dua : macul atau nguli. Bro ndess sendiri merantau ke Surabaya, selain tidak punya sawah juga tidak bisa bertani.

Namun ada satu yang kurang di balik giat dan produktifitas buruh dan petani serta di kampung bro ndess. Yups, kurangnya kualitas SDM dalam hal ini ilmu teory dan kreatifitas dan pengetahuan lebih. Ilmu yang di dapat berasal dari turun temurun. Bisa jadi PR buat dinas terkait untuk meningkatkan SDM di kampung bro ndess.

Begitulah sekilas tentang pertanian di kampung bro ndess. Masalah SDM memang jadi masalah tersendiri namun soal hasil produktifitas, produktif sekali…. semogs bermanfaat.

Lomba Ngeblog Bojonegoro 2014

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Ndeso 94 Android.

Artikel lain :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Lomba dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s