Balada Sembako, BBM, Gaya Hidup, dan UMR

IMG-20150118-00159

Assalamualaikum

BBM turun harga bro tanggal 19 nanti. Menjadi harga lama berkisar 6400-6500. Namun, sayangnya harga kebutuhan dan biaya transportasi tidaklah ikut turun. Lah kenapa ya? Sembako banyak yang mengeluh tidak ikut turun, padahal harga BBM turun. Kalau menurut ane sih bukan BBM doang sih pengaruhnya.

UMR/K yang meninggi jadi salah satu sebab, begitu menurut narasumber bro ndess. Sembako dibeli dengan gaji bukan dengan bensin. Kasian para petani dan buruh yang dipaksa jual murah hasil pertaniannya. Mereka menanam dengan modal besar dan resiko besar dengan hasil yang tidak pasti, sedangkan kita yang tinggal beli terus menuntut murah?

Bisa aja sih murah, tapi para petani itu mau makan apa kalau gak bisa balik modalo atau untung? Mereka bukan sapi perah. Pekerjaan merekalah yang membuat kita bisa memakan hasil pertanian dan perkebunan mereka. Kini mereka dihadapi tekanan barang import yang lebih murah, makin susah bukan?

Salah satu pemicu UMR/K naik bukanlah kebutuhan hidup. Kok bisa? La itu bapak bro ndess sendiru yang menganalisa. Seyogyanya gaji perbulan UMR itu sanggup buat makan dan minum satu bulan, sandang pangan lo. Namun, akan kurang jika sudah bentrok dengan gaya hidup.

IMG-20141104-WA019

Ya, gaya hidup atau kebutuhan tersier. Keinginan meningkatkan gaya hidup membuat mereka buta akan kondisi keuangan. Motor, gadget mahal, dan lain-lain. Perhiasn, baju, pokoknya semua yang sebenarnya tidak perlu itulah yang membuat gaji sebesar direktur’pun tidak akan cukup memuaskan gaya hidup. Gaya hidup yang terus meningkat tentu harus disikapi dengan bijak. Jangan besar pasak daripada tiang. Bergaya secukupnya saja.

_ID_. A.M.S SERDADU   ̷̷̸̸̷̐̐ ̸̷̸̐​ ̸̷ ̷̸ ͂ ̷̐͂ ̈́ ͂ ̐_̣̣̇̇_̣̇.

Ada hukum alam, semakin besar gaya semakin besar tekanan. Kalau anda terlalu banyak memenuhi gaya hidup, siap-siap menerima tekanan hidup yang berat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366
Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.
Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di renungan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Balada Sembako, BBM, Gaya Hidup, dan UMR

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.