Kultum Subuh : Jangan mudah tertipu bujuk rayu dan berharap kekayaan dari mahluk hidup atau mati

Ini penyakit dari masyarakat kita yang mudah ditipu dan didustai oleh iming-iming harta, tahta, dan wanita. Banyak hal yang bersifat syirik dan munafik mampu menjerumuskan banyak orang. Apakah itu?

Misal pesugihan lewat dukun. Banyak orang minta kaya, harta banyak, wanita banyak, lewat dukun. Padahal menurut logika, kebanyakan dukun-dukun ini tinggal di pelosok hutan, rumah sederhana, miskin, dan serba kekurangan. Kenapa mereka yang mencari pesugihan mengharap’kan orang yang serba kekurangan?

Nah, kan. Ada lagi, praktek MLM dan DNI serta Money Game. Dalam hal ini ane contohkan yang paling sering ada di media social, internet, pokoknya dunia maya. Adalah bisnis online yang menawarkan income misal 200ribu perhari. Yang anehnya kenapa bisa semudah itu? Begitu ditanya pasti kita akan disuruh ke tempat ini itu dulu, atau hubungi nomer ini itu atau bahkan ketemu langsung tanpa menjelaskan proses awalnya. Awas! Itu penipuan secara legal.

Kang, kok penipuan secara legal? Nah, karena mereka punya ijin dari akta notaris. Lokasi pusat mereka punya SK. Yang ditandatangani notaris resmi yang sah. Itu sebabnya ane bilang bisnis seperti itu adalah penipuan secara legal. Apa susahnya sih bikin surat ijin dan badan hukum? Cukup bayar aja beres.

Sedangkan yang mengajak kita ikut bisnis itu yang telah menjelaskan berbagai keuntungan berilmpah, malah terlihat serba kekurangan, suka narsis sendiri, awas! Jangan tergiur.

Sekarang makin menjamur orang-orang dan bisnis yang seperti itu. Itu berbahaya, terutama terhadap masyarakat yang masih polos dan tak tahu apa-apa tentang itu. Kena tipu, kesulitan balik modal dan akhirnya menyesal.

Sedangkan para pelaku bisnis tersebut, acuh terhadap hal-hal seperti penyesalan, penipuan, akibat, dan kekecewaan. Mereka licik! Orang yang pandai menipu adalah orang yang bicaranya fasih rata-rata! Sedangkan orang yang jujur pastilah agak tergagap, gugup. Karena apa? Mereka takut berbohong, ingat pada Allah SWT. Dosa-dosa akibat munafik dan menipu.

Apakah masih mau melakukan kegiatan yang suka menipu orang? Agar tak tertipu, sebaiknya kita hanya berharap kepada Allah SWT. Rejeki ada yang ngatur kok. Kalo nggak di dunia, mungkin di akherat kelak. Sekarang banyak orang bermulut pedas dan merayu-rayu dengan harta yang berlimpah, tapi kita jangan sampai mudah tertipu, apalagi malah berharap mendapatkan uang yang gampang dari cara-cara sirik dan menipu.

Jangan berharap kekayaan pada mahluk hidup ataupun mati, tapi berharaplah pada Allah. Biarkan tangan-Nya yang mengatur apa yang akan kita terima dan darimana itu akan muncul. Agar selalu terhindar dari……

Dosa.

#Salam Ndeso Bojonegoro.

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di renungan dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Kultum Subuh : Jangan mudah tertipu bujuk rayu dan berharap kekayaan dari mahluk hidup atau mati

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s