MS Satria mulai menunjukkan penurunan(in BJN), bagaimana 2014 Suzuki?

Satria FU (4tak) adalah salah satu produk bebek super turunan FXR tanpa downgrade, yang mempunyai performa di atas rata-rata atau sekelas Ninja 2 tak. Mungkin karena sasi’nya yang masih ‘bebek’ juga mendukung sang belalang tempur menjadi yang tercepat diantara yang cepat.

Mewarisi generasi Satria 2 tak yang memang terkenal kencang dan bikin yang lain ciut nyalinya. Akselerasi yahud, yang jaman jadul dulu merupakan raja jalanan Indonesia. Teman seangkatannya di dua tak (RC100 dan F1ZR) mengakuinya. Hingga saat ini, jiwa sang Satria masih tetap diwarisi oleh adiknya di 4 tak. Satria FU. Bertahan hingga ubahan 3 kepala batok dan body(body tidak terlalu signitifkan) sampai 2013, sang Satria FU masih menjadi idaman para Speedlover drag. Dulu, ancaman si Satria Fu di kelas 4 tak adalah Megapro, Tiger dan Scorpio.

Namun, setelah 2006. Ada sesosok lawan yang mengusik kejayaan sang Satria FU. Dialah V-ixion. Bukan hanya FU, Megapro’pun mulai terusik. Karena memang, V-ixion mempunyai mesin SOHC overstroke yang akselerasinya nampol diputaran bawah. 3 gigi, V-ixion menang. Tapi, FU menang lagi di atas itu.

Waktu terus berjalan, sang FU tetap menjadi raja speedlover lokal para muda mudi di Indonesia, didampingi Ninja yang menjadi penguasa tunggal 2tak. Namun, masyarakat mulai cerdas. Mereka menuntut Suzuki untuk memperbaiki kapasitas tangki dan efisiensi bbm. Motor kencang tapi juga irit? Weleh-weleh. Kalo disimpulin, berarti ya injeksi harusnya.

Sekarang, sang Jupi MX telah di upgrade menjadi 5 speed dan penyempurnaan engine gearbox. Mulai menimbulkan hasil positif, dari posisi bebek speed lain. Jupiter Z1 mulai menunjukkan taringnya, persaingan Blade dan Z1 juga ikut menggerus pasar anak muda. Karena, disamping kencang. Keduanya tak perlu sering mampir SPBU.

CS1, mungkin musuh kecil. Tapi, mengingat bahwa Honda akan merebornnya tahun depan, membuat Suzuki harus waspada. Ditambah, kini para orang tua sudah mulai menolak kehadiran sang FU. Karena, disamping dapat mencelakai anak-anaknya(karena rata-rata pengguna FU ABG pasti akan mencopot ini itu), juga ingin menghemat biaya bensin. Bandingkan, kalo NVL, Byson, NMP, CB dan Verza aja 1L : 48’an km. Sedangkan FU 1L : 33KM. Ninja RR dan Ninja L’pun mulai mengatur efisiensi bbm mereka menjadi lebih efisien. Tapi, itu di kelas 2 tak. Kita bicara 4 tak.

Design FU yang baru, masih kurang agresif dibandingkan FU lawas(berdasarkan keterangan ngobrol langsung dengan sales dan pengguna FU), lama-lama bila Honda tiba-tiba mengeluarkan senjata mematikannya. Apa gak bakal mati MS Suzuki? Disinyalir juga Suzuki bakal menurunkan amunusi back-up baby Satria dengan mesin shooter.

3s Suzuki agak payah menurut ane. Promosi dan fasilitas sparepart lengkap kurang. Percuma mesin spektakuler tapi 3s’pun mangap-mangap. Hanya si Fu yang bertahan, lainnya bakal modar. Rindu jaman kejayaan Suzuki dulu. Sempurnakan line-up’mu, ini jaman modern. Penuh teknologi dan efisiensi namun performa dan keawetan kelas yahuud.

Ditunggu 2014, Suzuki. Jangan kalah dengan saudara’mu.

#salam ndeso Bojonegoro

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Opini & Fakta, otomotif dan tag , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke MS Satria mulai menunjukkan penurunan(in BJN), bagaimana 2014 Suzuki?

  1. orong-orong berkata:

    sudah pada bosan

    Suka

  2. nggak kenceng2 amat kok, penyakitnya baut tensioner loyo

    Suka

  3. ninja150ss berkata:

    nek seng asli kencang generasi pertama,yg engkol alias kick stater itu asli turunan FXR ,,,bahan,material,sensasi beda dgn yg udah CKD,biasalah CKD sunat ini itu.,udah pernah bandingin soalnya.
    FU cm menang PWR,jgn dibandingkan dgn vixi,cbsf,nvl,megipret. coba kl brani suzuki templokin tuh mesin ke mtr batangan,kita liat deh.
    1 lg,gk afdol nyandingin 4tak sm 2tak,bs diasepin ntr

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.