Sang bebek legendaris Vega series, mengikuti jejak Sang Raja(pensiun)?

Vega series, adalah salah satu varian bebek Yamaha di level low entry. Yang merupakan varian bebek termurah alias kasta terendah di line-up Yamaha 4tak.

Yamaha Vega, identik dengan masyarakat yang suka dengan motor harga murah tapi tidak murahan(lirik cina). Sejak awal kelahirannya 1999, yang mengambil basis design dari sang kakak F1ZR dan basis mesin mirip kakak Crypton yang cukup laris pada jamannya.

Dengan rentan waktu cukup lama, tahun 2005 dirubah total design sang Vega yang sebenarnya merupakan downgrade dari versi sebelumnya untuk menekan harga yang kalah dengan sang kompetitor saat itu. Ya, walaupun begitu performanya gak kalah loh. Malah yamaha Vega yang saat itu berubah nama menjadi Vega R telah menjadi raja baru dunia drag race bebek, mendampingi si kembarnya yaitu Yamaha Jupiter Z yang menjadi raja road race.

Image kencang’pun hadir divariant termurah Yamaha tersebut. Yamaha Vega R memang bukanlah produk yang dianggap enteng. Mesin yang mampu melibas jalanan lurus itu juga telah menjadi favorit insan-insan pemuda sampai sekarang, sekali oprek. Wussshhhh….

Nah, tahun 2009 ada perbaikan total design lagi. Dan ditambah’kan huruf Z. Menjadi yamaha Vega ZR. Dan facelift terakhir Yamaha Vega adalah tahun 2013’an mungkin, kalo gak salah. Atau 2012 akhir? Lupa’kang. Muncullah Yamaha Vega RR. Design yang racing abis, yang ane demen banget ya lampu sein yang lebih runcing. Mengisyaratkan aura balap’nya. Wah-wah, macthing abis. Mesin tapi kok gak injeksi yak. Weleh-weleh.

Kemunculan Vega RR berbarengan dengan Yamaha Force yang menganut sistem injection. Sama-sama pahe. Nah, di sini mulai terdengar isu bahwa Vega RR adalah varian terakhir sang Vega. Wah, udah 1 dekade lebih yah. Seangkatan ma Jupiter cuma beda setahun.

Kenapa ada isu didiscontinue? Mungkin karena Vega yang sekarang sudah kalah dengan kompetitor sebelah, Absolute Revo. Banyak yang menilai kalau Vega udah kagak kompetitif lagi. Yah, isu itu’pun didukung bukti-bukti dan informasi yang kuat. Serta adanya Yamaha Force yang mendampingi Vega RR tahun ini sebagai varian murah injection. Apalagi, sang kompetitor siap menginjeksikan sang Supra X 125 all variant dan meninggalkan teknologi karburator di baik di supra Biasa maupun Helm-in yang juga kelahiran generasi pertamanya hampir seangkatan Vega jaman jadul(astrea supra).

Akan’kah Vega akan pensiun tahun ini? Yang hanya menyisakan 1 bulan lagi. Atau tahun depan? Karena, tahun depan adalah puncak perang produk para ATPM di Indonesia, dan sepertinya Vega harus angkat tangan terhadap persaingan tahun depan dan akan mewariskan tugasnya kepada yamaha Force. Atau mungkin bakal ada produk baru lagi yang menggantikan Vega? Kita lihat 2014.

#salam ndeso Bojonegoro

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Opini & Fakta, otomotif dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Sang bebek legendaris Vega series, mengikuti jejak Sang Raja(pensiun)?

  1. eko354 berkata:

    Ditunggu penggantinya. Kalo pabrikan berlomba2 keluarin motor baru khan konsumen jadi banyak pilihan (kecuali para FB yg milihnya yg di-fans-in aja).

    Suka

  2. Mas Sayur berkata:

    padahal masih ada yg cinta mati sama vega.. *lirik juragan tegean πŸ˜‰

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.