Uji Tipe Kendaraan Modifikasi dan Biaya Birokrasinya, Byuh larang!

Assalamualaikum

Brosis, modifikasi kendaraan adalah suatu hal lazim di negara kita. Bahkan di seluruh dunia. Rasa ingin berbeda dadi yang lain, pamer, unjuk kreatifitas, dan lainnya. Ada juga yang modifikasinya khusus untuk masyarakat yang mengalami kondisi tidak normal alias difabel.

(liat artikel ini versi Video YouTube)

Masalah modifikasi tentu akan identik dengan Pertanyaan legal tidak ya. Apakah motor ini kena razia tidak ya. Sebetulnya mengacu pada UU yang berlaku, modifikasi jug diatur loh beberapa sektornya. Biar legal Dimata hukum, kecuali Kena oknum.

Salah satunya yang disarankan oleh Kemenhub untuk melakukan uji tipe. Karena kendaraan sudah tidak sesuai bawaan pabrik, uji tipe dari pabrik. Tentunya gak gratis sob. Ini jadi kayak Uji KIR ya.

Lalu rinciannya gimana? Dilansir dari Gridoto.com, Kemenhub diwakili oleh mengatakan bahwa setiap perubahan yang menyangkut sistem keselamatan dan keamanan harus diuji tipe lagi. Walau dari pabrikan aftermarket mengatakan QCnya layak.

Nah, lalu pertanyaannya. Berapa nih biaya uji tipenya? Berikut daftarnya menurut PP No II Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif atas penerimaan negara bukan pajak (PnPb) berlaku pada kementrian perhubungan :

Wadaw, biayanya fantastis sob. Ya demi legalitas. Mungkin ini juga kenapa walau entah itu layak atau tidak, kebanyakan modifikator yang penting sesuai UU Lalu Lintas Jalan Raya. Spion lengkap, ban dua kalau motor, lampu ada semua, dan pakai helm. Kalau mobil yang penting lampu nyala semua dan sabuk pengaman.

Oh iya, menurut Kepolisan pun masih ada syarat tambahan dimana mesti bengkel yang modif memiliki NPWP dan SUIP. Untuk legalitas di STNK. Ribet juga. Gini yang bikin banyak males. Mungkin bisa disederhanakan lagi? Entah, Menurut kalian gimana.


Semoga bermanfaat

Jangan Lupa Subcribe Juga YouTube NDESO94 Vlog. Biar Nambah Banyak dan Bisa Bikin Konten Banyak Lagi

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Gambar, Opini & Fakta, otomotif, Tips Oto dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.