Daftar Mobil Nasional di Indonesia

Assalamu’alaikum
Brosis, mobil nasional sering dijadikan isu politik untuk menyerang mereka yang gak bisa menghadirkan. Beberapa malah ada yang menghalangi adanya mobil nasional dengan isu cuma rebadge dll.

Memang mobil nasional ini isunya selalu ada tiap periode kepemimpinan dimulai dari Orba sampai sekarang. Beberapa ada yang pure merk independen. Ada yang rebadge, ada pula yang ATPM luar tapi produksi full nasional.

Dishare oleh mobilmotorlama.com , dalam bentuk grafik inilah beberapa daftar mobil nasional yang sempat hadir di dekadenya.

Di atas, yang masih ada wujudnya hanyalah Toyota Kijang itupun kondisi agak mengenaskan. Kecuali yang di musium angkut dan kolektor. Helicak ini mungkin bolehlah beberapa owner becak bermotor meniru designya lagi. Lebih safety model ini untuk penumpang. Beberapa pickup lama lainnya yang lokal sudah tidak ketemu fisiknya.

Bisa dibilang eranya karoseri lokal ini. Semua mobil kelas MPV dan Van hampir semua bodinya diproduksi karoseri lokal. Kebijakan dari orde baru juga sih. Dua pabrikan yaitu Isuzu dan Toyota agak cerdas, memakai karoseri pabrikan sendiri.

Di sini sudah tidak lagi angkutan niaga, tapi sudah menjadi mobil nasional versi penumpang. Khususnya sedan. Contoh aja yang masih ada populasinya seperti Timor yang dulu perusahaannya dimiliki Tommy Soeharto. Mazda vantrend yang tetap ramai komunitasnya. Harganya juga murah sih secondnya.

Era 2000an ke atas, rata rata prototipe yang sudah diproduksi masal namun sangat sedikit populasinya. Beberapa ada yang murni riset insinyur dalam negeri. Ada yang rebadge bodi namun perakitan dan beberapa komponen full lokal. Diklaim juga jadi mobil nasional.


Nah bagaimana brosis? Kira kira apa faktor mobil nasional tidak bisa eksis lama dan produksi massal secara massive? Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Gambar, Opini & Fakta, otomotif, Transportasi dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Daftar Mobil Nasional di Indonesia

  1. klikenter27 berkata:

    mindset konsumennya sendiri terlalu fanatik produk jepang

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s