Jangan Salah Pakai, Serupa tapi Beda fungsi! Dua Produk Bor Listrik (Drill) Ryu RID 13-2 RE dan RDR 10-3 RE.

Assalamualaikum,

Brosis, dalam project bangunan. Biasanya meain bor ini dipakai untuk melubangi beberapa material seperti kayu, tembok, besi dan lain sebagainya. Tentunya memakai alat yang berbeda untuk bahan yang berbeda. Tidak sekedar ganti mata bor saja. Tidak hanya itu, dibidang lainpun mesin bor sangat dibutuhkan karena alat manual tidak bisa efisien.

Kenapa? Demi keawetan alat. Tentu alat powertools ini kalau bisa dipakai sangat lama. Tentu repot jika bolak balik beli. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar mesin bor atau drill ini awet. Salah satunya adalah memakainya sesuai fungsi.

Salah satu produk power tools yaitu RYU juga memiliki product drills yang dimana memiliki beberapa tipe dan fungsi. Ada dua alat drills yang perlu diketahui oleh konsumen, bahwa mereka bentuknya sama tapi berbeda jenis.

2 macam Drill ( Bor Listrik ) yang berbeda, meskipun serupa. Tapi kemampuannya beda-beda.

Kenapa mesti dibedakan? Bor listrik, begitu biasa menyebutnya di masyarakat pada umumnya. Kalau bahasa tekhniknya adalah ” Drill “. Adalah salah satu alar yang benar benar tidak boleh salah pakai. Masing masing tipe memiliki sasaran bahan yang berbeda. Karena kekuatannya juga berbeda. Nah, seringkali kita menyalahkan produk yang kita pakai tidak awet dan cepat rusak, padahal salah penggunanya yang asal pakai tidak lihat material yang cocok dengan alat tersebut. Contoh saja Drill ini di product RYU ada beberapa type dan setiap type ada batas kemampuan maksimalnya masing-masing. Di mana bahkan ada yang bentuk fisiknya sekilas mirip.

RDR 10-3 RE & RID 13-2 RE,Secara fisik sama, tapi fungsi dan struktur mata bor dan mesinnya berbeda.   

Drills type RDR 10-3 RE adalah mesin bor denhan kemampuan hanya untuk mengebor besi dengan maximal diameter Bor ( besi ) 10mm dan untuk mengebor kayu dengan maximal diameter bor ( kayu ) 10mm. Tidak bisa dipakai untuk mengebor beton karena bagian mesin bor tidak kuat. Jika dipaksa maka akan rusak dan garansi bisa hangus karena kesalahan pemakaian tidak sesuai kemampuan. Bukan karena alatnya tidak bisa.

Impact Drills RID 13-2 RE. Sesuai namanya,  ada kata impact, yang artinya benturan atau tekanan. Perbedaan dengan tipe RDR adalah terletak pada sisi belakang gigi matahari utama sebelum motor/dinamo. Ada semacam kotak’an besi yang menempel as dari gigi matahri langsung. Funsinya adalah untuk menahan benturan atau impact itu tadi, oleh pihak RYU bor ini bisa dipakai untuk mengebor beton sekaligus kayu & besi.

Ada penahan beban, di belakang gigi matahari

Jika memang menginginkan alat atau bor listrik yang multifungsi disegala medan. Beli saja RYU Powertools Impact Drills RID 13-2 RE, Rp 450ribuan. Yang tentu saja memiliki kemampuan mengebor kayu, besi dan sekaligus beton juga bisa. Namun, harganya lebih mahal ketimbang RYU powertools Drills type RDR 10-3 RE Rp 200ribuan. Yang memang hanya diperuntukan untuk mengebor kayu dan besi saja. Sesuai keinginan dan kapasitas saja, dan tentu budetnya. Jangan kuatir, alatnya digaransi penuh seumur hidup sesuai dengan S&K.

Nah, bagaimana brosis? Mungkin di rumah sudah ada yang beli? Kalau belum ya silahkan dibeli terutama yang bekerja di project kontruksi dan properti atau memiliki industri ukm yang memerlukan mesin bor. Biasanya pada mebel. Bengkel motor & mobil juga butuh, terutama yang main modifikasi handmade. 

Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Alat Perkakas, Gambar dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s