Berapa Kali Harusnya Service dilakukan

Assalamualaikum

Brosis, era motor injeksi ini banyak masyarakat merasa service rutin sudah tidak dibutuhkan lagi. Tune up motor dianggap tidak perlu, jika dibandingkan motor karburator. Memang untuk motor karburator service rutin penting buat stel karbu, mj, pj, dan lain lain. Sedangkan era injeksi serba elektronik.

Padahal service rutin masih perlu. Mobil saja walau injection wajib namanya tune up rutin. Rekomendasi dari Pabrikan, untuk service rutin adalah tiap 3.500km seirama dengan ganti oli. Bagi sebagian orang dianggap pemborosan. Padahal sebetulnya itu adalah minimal km di mana motor perlu di service. Terutama motor yang sering dipakai rutin. 

Service / tune up rutin meliputi pengecekan kelistrikan, mesin, penggerak. Kalau menunggu rusak baru ke bengkel mah sama saja membuat bom waktu kerusakan. Untuk era injeksi ini Bengkel Resmi agaknya susah untuk diharapkan. Mending cari bengkel non resmi yang dianggap berkualitas dan bisa injeksi. Banyak kok bengkel yang kini sudah bisa melayani injeksi. Selain murah, cenderung lebih teliti dan tidak dikejar target jam sehingga pemantauan dan pengecekan sudah maksimal. 

Nah, jadi mending kapan dan berapa km wajib service? Untuk motor yang jarang sekali dipakai. Service bisa dilakukan 2-3bulan sekali. Untuk motor yang bisa 4rb km sebulan. Disarankan setiap 2x ganti oli periode standart untik service. Selain menjaga performa motor tetap prima, juga agar tidak terjadi kerusakan yang bersamaan dalam 1 waktu.
Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

,

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Tips Oto dan tag , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s