Tips Memilih Jenis Oli Terbaik Untuk Motor

Assalamualaikum,

Brosis, oli adalah salah satu zat cair penting bagi motor. Oli berfungsi untuk melumasi komponen tertentu di mana terdapat gaya gesek dan panas. Oli terbuat dari olahan minyak bumi. Terdiri dari oli mineral dan sintetik. Oli harus dipilih dengan hati-hati dan tepat, sesuai dengan kebutuhan. Karena oli memegang peranan penting pada performa dan kinerja kendaraan, termasuk menjaga keawetannya.

Oli pada motor juga memegang peranan penting sebagai pendingin mesin, pelindung dari karat dan juga membantu menutup celah-celah di dinding mesin. Berkat oli, gesekan yang terjadi pada komponen di dalam mesin kendaraan menjadi halus karena oli akan melumasi bagian tersebut. Jika oli sudah dalam kondisi buruk dan telat, maka komponen yang dilumasi tidak bekerja maksimal akibat aus dan panas.

Nah, oli pun tidak sama untuk tiap motor. Masing masing mesin motor terutama motor lama mempunyai kualitas dan struktur yang berbeda. Serta kebutuhan olinya juga berbeda. Nah, untuk itu coba kita ketahui beberapa jenis oli dan pembedanya.

Jenis Oli Motor.

  • Berdasarkan bahan dasarnya
  1. Oli mineral, tidak mudah menguap dan kekentalannya sering berubah.
  2. Oli sintetik, mudah menguap tapi tahan cuaca ekstrim. Cocok untuk motor lama.
  3. Oli semi sintetik, cocok untuk motor kompressi tinggi, multi silinder dan balap.
  • Berdasar fungsinya
  1. Oli mesin, Oli mesin menjadi satu bagian yang sangat penting untuk mendukung kerja mesin. Seiring dengan pemakaian, terjadi penurunan kualitas dan fungsinya, sehingga harus dilakukan penggantian secara periodik. Penggantian 3,500-5000km sekali untuk yang sering dipakai atau 3-4 bulan sekali untuk motor jarang dipakai.
  2. Oli Rem (Brake Fluid), Oli rem atau minyak rem atau brake fluid, merupakan oli khusus yang digunakan di sistem pengereman. Selain melumasi, oli ini berfungsi juga menjadi media perantara yang mentrasmisikan tenaga hydraulic ke seluruh sistem rem.
  3. Oli Gardan, oli yang digunakan di motor matic dan keberadaannya sama pentingnya dengan oli mesin. Kesalahan dengan tidak mengganti oli jenis ini dapat menyebabkan kerusakan pada sepeda motor matic. Pengguna motor matic yang rutin mengganti oli transmisi akan mengurangi suara berisik dari bagian box CVT dan mengurangi temperatur yang tinggi akibat gesekan. Penggantian bisa setahun sekali atau juga 15.000 km sekali. Bisa dipercepat jika motor habis menerobos genangan air yang menenggelamkan area CVT.

Mutu Oli Motor

Oli yang berkualitas bagus tentunya lebih bagus saat bekerja melumasi mesin kendaraan. Kekentalan atau SAE suatu oli mesin bukanlah ukuran mutu suatu oli. SAE hanyalah sebagai pembeda atau kelas-kelas suatu oli mesin berdasarkan tingkat sifat kekentalannya. SAE rendah (encer) tidak identik dengan mutu yang lebih baik dibandingkan yang kental. Makna sesungguhnya dari kode SAE bukanlah sekedar encer atau kental, tetapi lebih berkaitan pada kemampuan oli tersebut beradaptasi pada suhu rendah dan tinggi. Untuk kualitas oli ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum Institute) dan huruf di belakangnya. Kesalahan kebanyakan rider adalah menganggap SAE oli itu penentu oli baik dan tidak. Sehingga kadang ada ketidak cocokan oli pada mesin motornya 

Contoh :

  • API:SF / API:SG / API:SH : untuk jenis kendaraan produksi tahun 1980 – 1996
  • API:SJ : untuk jenis kendaraan produksi tahun 1996 – 2001
  • API:SL: untuk jenis kendaraan produksi tahun 2001 – 2004

NOTED :

API : American Petroleum Institute
S : Spark menandakan pelumas untuk bensin
Huruf di belakang sendiri : menunjukan kualitas oli, semakin mendekati Z semakin bagus.    

Selain API Service pada produksi oli lainnya kualitas pelumas bisa mengacu pada JASO (Japan Automotive Standart Associaction), ACEA ( Association Des Constructeurs Europeens d’Automobiles), DIN (Deutsche Industrie Norm) dan sebagainya yang merupakan standar acuan performa oli berdasarkan lembaga independen pelumas internasional.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Pricebook.co.id

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

,

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Gambar, Tips Oto dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s