Tips dan Trik Menghemat Kampas Kopling Mobil

banner

X RIDE_3

Assalamualaikum

Brosis, kampas kopling merupakan salah satu komponen penting di transmisi mobil. Terutama mobil manual, di mana jika sampai kampas gosong, habis ataupun trouble. Mobil tidak bisa berjalan. Perawatan dan pengecekan diperlukan agar kerusakan yang tidak disangka terjadi.

Nah, di share oleh Trisno Subagyo dari Motuba. Tentang bagaimana menghemat kampas kopling yang harganya lumayan kalau habis pas tanggal tua, haha. 

1. Injak pedal kopling secara penuh saat pindah gigi.

2. Melepas pedal kopling secara perlahan dan di imbangi injak pedal gas,agar mobil tidak tersendat dan mengurangi gesekan kampas kopling.

3. Usahakan kaki tidak menginjak pedal terlalu lama atau menahan saat oper gigi, ini untuk mengurangi gesekan yang berlebihan pada kampas kopling.

4. Usahakan tidak meletakkan atau menggantungkan kaki diatas pedal kopling (setengah kopling) saat mobil sudah berjalan.

5. Biasakan menetralkan posisi transmisi dan gunakan rem tangan pada saat kondisi macet,tanjakan dan semacam nya.

6. Sesuaikan kecepatan kendaraan dengan ketepatan gigi transmisi, jangan sampai kendaraan berjalan lambat pada gigi tinggi atau sebaliknya.

Nah, satu hal lagi brosis. Jika mobil kondisi standart jangan deh dipacu ugal ugalan karena bisa kena nanti bagian transmisi. Jika ditanjakan maupun turunam juga jangan main setengah kopling, karena beban mesin dalam kondisi ini sangat berat dan panas. Takutnya selip. Pakai gigi 1 kalau nanjak, pakai engine brake dan kombinasi rem depan belakang dengan sekema injak lepas agar tidak blong.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Tips Oto dan tag , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s