Tutup Oli Motor Model Selang Custom Ini bikin Motor Tidak Overheat

banner

X RIDE_3


Assalamualaikum

Brosis, adakalanya variasi hanya bisa mempermanis tampilan motor. Tapi, beberapa diantaranya ada yang memang punya fungsi khusus loh. Salah satunya tutup oli custom model selang. Tutup oli model ini banyak dipakai oleh mereka yang ikut balap road race, maupun mesin oprekan harian. Sebetulnya apa manfaatnya sih?

Ternyata ada manfaat besarnya. Salah satunya melepas panas mesin di crankcase. Hal ini akan terasa juga di motor standart yang suka bermacet ria di jalan raya perkotaan. Kenapa?

Secara teknis, oli mesin akan mendidih jika terkena gesekan part mesin dan mendapat panas berlebih. Apalagi kalau mesin motor di oprek misal bore up. Panasnya tentu melebihi ukuran standart riset pabrik. Nah, panas yang bertekanan ini dilepas melalui lubamg di tutup oli custom ini. Oli tetap terjaga tekanan suhunya. Mesin jadi tetap bisa didinginkan.

Harusnya, agar lebih maksimal selangnya dihubungkan dengan filter udara agar maksimal pelepasannya karena dihisap juga oleh tarikan mesin. Nah, karena memang agak eman karena harus melubangi mesin, bisa di arahkan ke dalam body yang tertutup, bawah tangki atau diarahkan ke belakang.

Beberapa motor standart yang memakai metode ini adalah CB150R dan Satria FU. Ini yang jadi sebab kenapa dua motor ini punya tenaga yang cenderung awet dan tidak loyo saat dipacu terus menerus. Sedangkan Vixion loyo karena tidak punya.

Motor road race kebanyakan juga pasang. Ini juga jadi alasan kenapa kalau tiap crash, pasti ada oli berceceran karena memang lewat selang ini juga oli muncrat keluar.

Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Tips Oto dan tag , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s