Solusi Indikator Injection Carry Menyala

banner

X RIDE_3

Assalamualaikum

Brosis, Suzuki Carry termasuk mobil dengan model yang minim facelift. Mobil niaga ini, menjadi piliham masyarakat karena bandel, irit, dan sudsh teruji. Walau soal tenaga termasuk kecil dibanding kompetitornya.

Ada beberapa problem yang mungkin banyak yang bingung mengatasinya. Salah satunya saat indikator injection menyala, seperti yang dialami Abdul Usagi. Mobil Carry ini menganut sistem injection. Jadi jika ada problem pasti menyala indikatornya, ini berarti ada masalah di bagian tertentu terbaca ECU. Bisa karena kotornya trottle body, kesalahan baca ecu, ada error di sensor afr, dan lain sebagainya. Indikator injection ini memang fungsinya adalah engine check. Instrumen untuk memberitahukan ada yang tidak beres.

Tak perlu panik, jika memang mobil tidak mogok. Ada beberapa sektor yang perlu dicurigai, yaitu kabel injection dan kabel yang di knalpot (sensor). Nah, solusi pertama sebelum langsung ke bengkel adalah coba restart ECU.

Caranya copot aki atau salah satu jepitan aki saat mesin menyala selama 15 menit kemudian pasang lagi, seperti saran Baharudin Rahmat. Indikator injection akan mati. Namun jika memang tidak beres, akan menyala lagi beberapa hari kemudian.

Kata Suryo Adi Prasojo, cara lain jika sudah ada waktu ke bengkel adalah scan diagnosis. Mencari problem yang terjadi. Karena biasanya masalah ada di sensor injeksi di mobil. Jika sudah ketemu, diperbaiki baru kemudian reset ECU. Setting lagi. Jangan langsung reset tanpa perbaikan, karena bisa jadi ada part yang rusak.

Semoga bermanfaat. Semua tips di atas dari forum Motuba.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Tips Oto dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Solusi Indikator Injection Carry Menyala

  1. klikenter27 berkata:

    Imbuhan sedikit, sebenernya lampu tersebut bukan sekadar lampu indikator injeksi tapi lampu “engine check” yang mencakup hal-hal yang berkaitan dengan kesalahan sistem yang terbaca oleh ECU, semisal throtle body kotor, kurang massa pengapian (dan beberapa kendaraan juga termasuk kurang massa kelistrikan, bukan hanya pengapian), perubahan AFR karena filter udara kotor atau manifold yang tidak rapat, busi yang sudah lemah pada silinder tertentu, dsb. 🙂

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s