Yamaha Champ, ayago Yamaha 90’an

X RIDE_3

22046752_373548943073653_7447538588975261574_n

Assalamualaikum

Yamaha, banyak yang bertanya ketika pabrikan Honda dan Suzuki bertarung kembali di segment Ayago eh kenapa Yamaha malah lebih mengupgrade Mx-king ketimbang membuat versi Ayago SOHC. Hal ini cenderung membuat Yamaha dianggap takut. Banyak yang mengira Yamaha gak punya motor Ayam jago.

Padahal ada sejarahnya loh Yamaha merilis Ayago. Tahun 1990, Yamaha telah meluncurkan motor bebek jenis ayago yaitu Yamaha Champ. Motor yang dianggap versi sportnya Alfa ini ditujukan untuk menganggu pasar Suzuki Sprinter. Adalagi Yamaha Tiara, tapi kita bahas Champ terlebih dahulu.

Motor ayago ini pertama kali dirilis di Indonesia pada akhir tahun 1989. Yamaha Champ bisa dikatakan sebagai pelopor bagi pabrikan garputala serba biru itu sebagai model yang menerapkan shockbreaker teleskopik layaknya motor batangan. Selain itu, motor ini juga menjadi pendobrak moped yang mengusung disc brake pertama di keluarga motor moped Yamaha.

Spesifikasi fisik, motor ini berdimensi 1.860mm x 635mm x 1.015mm dengan jarak sumbu roda 1.190mm dan jarak terendah ke tanah 135mm, serta tinggi jok mencapai 740mm. Motor yang memiliki desain sangat mirip Yamaha Alfa ini mengusung tangki bahan bakar berkapasitas 4,8 liter dan mempunyai bobot hingga 82 kg.

Yamaha Champ juga mengusung basis mesin milik Yamaha Alfa, yaitu mesin tipe 2-stroke, silinder tunggal, dengan diameter x langkah : 50mm x 52mm, berpendingin udara, berkapasitas 102,1cc. Sementara untuk sektor kaki-kakinya, tersemat suspensi depan semi teleskopik dan suspensi belakang double shock. Adapun sistem pengereman, menerapkan disc brake di roda depan dan drum brake di roda belakang.

Sayangnya, meski cukup laris di pasaran, namun pihak pabrikan memutuskan untuk menghentikan produksi Yamaha Champ pada akhir tahun 1994. Seiring dengan itu, peredaran motor ini di pasaran pun turut berakhir. Yang meramaikan dan cukup laris adalah Suzuki Satria FU hingga akhirnya penjualannya ditaklukkan oleh Honda Sonic 150.

Ada’kah brosis yang pernah punya Ayago legend ini?

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

 

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Gambar, otomotif, Transportasi dan tag , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s