Waspada rem terbakar saat di jalan turunan pacet Mojokerto

X RIDE_3

FB_IMG_1503078138029

Assalamualaikum

Apa yang brosis lakukan saat turun gunung naik mobil? Mengerem terus-terusan atau memanfaatkan full engine brake? Sepertinya sih harus kombinasi keduanya. Karena apa, berbahaya sekali jika sampai rem mengalami overheat dan akhirnya ngeblong. Tentu berbahaya apalagi jika mobil memuat satu keluarga. Sudah banyak kasus mobil yang blong remnya saat berada di turunan.

Malah ada yang sampai berasap sekali karena sangking panasnya. Kampas rem jadi terbakar. Yang sering terjadi di jalur Pacet, sampai-sampai ada petugas yang siaga memberitahukan bahwa rem terbakar. Turunan tajam ada di beberapa sudut. Salah satunya turunan di air panas Pacet. Turunannya sangat tajam, hingga saya sendiri ngeri kalau bawa motor matic di sana.

Kenapa harus sampai ada petugas yang memperingatkan. Karena kadang pengemudi tidak sadar kalau mobilnya mengalami kebakaran kampas rem. Apalagi kalau jendela ditutup, ac on, music jedug-jedug. Sebetulnya, indikator kampas rem overheat terlihat dari rem yang mulai kurang pakem. Ditambah ada bau menyengat seperti terbakar serta jika sudah terlalu, bakal berasap putih.

Untuk mobil bersistem transmisi manual, bisa memanfaatkan pula Engine Break dengan gigi 2 atau bahkan 1. Biarkan mobil turun dengan sendirinya tanpa di gas, cukup gas pelan jika ada jalan landai. Untuk mobil matic bisa diposisikan ke D, jangan P. Jangan terlalu keras mengerem. Nah, jikalau tahu kampas rem mobil sudah overheat segeralah tepikan mobil. Dinginkan terlebih dahulu, tapi jangan di siram air karena justru akan merusak material. Pelajaran di sekolah dulu pasti ingatlah.

FB_IMG_1503078117601

SUMBER : MOTUBA (On Facebook)

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Tips Oto dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s