Review All New Yamaha R15, Test ride Pantura Bojonegoro Surabaya

wp-image--1106578261

Assalamualaikum

Brosis, hadir dengan rubahan total dari generasi kedua. All New Yamaha R15 VVA, yang mengusung mesin SOHC 155cc dengan teknologi Variavle Valve atau VVA yang di adopsi dari mesin Nmax yang pertama memakainya. All New R15 VVA ini mempunyai desain dan fitur di atas kompetitornya yang tentu harga juga paling tinggi. Bagaimana imperessinya jika di ajak keluar kota?

Walau mesin masih SOHC, di mana mesin ini banyak dibully oleh pecinta motor sport kompetitor. Yamaha tetap mempertahankannya, justru menambah fitur dan teknologi agar mesin ini masih tetap bersaing hingga limitnya. Salah satunya adalah teknologi VVA tersebut, teknoligi ini merupakan teknologi yang dirancang agar mesin tetap menjaga powernya di RPM atas. Kelemahan SOHC adalah putaran atas, jadi VVA ini menutupi kelemahan tersebut.

Itu sudah bro ndess buktikan, bahwa motor ini masih terasa walau RPM tinggi. Ya memang tidak segalak GSX, karena karakter tak bisa dibohongi. VVA sendiri aktif saat RPM 7500 ke atas . Yamaha All New R15 VVA juga mengusung teknologi assist & slipper clucth. Teknologi ini membuat motor terasa nyaman saat shift up dan shift down gear. Terutama bagi yang ngebut dan overtake, ataupun cornering, gejala back torsi tidak terlalu besar. Walau suara mesin tetap terasa namun tidak berpengaruh sama sekali. Roda tidak terkunci, misal brosis saat cornering pengen shift down bisa lancar tanpa kehilangan grip ban belakang karena power loss.

 

Bro ndess sendiri sudah mencoba sambil overtake zig-zag dan coba drag. Nyaman banget loh. Motor jadi kayak meluncur tanpa harus takut back torsi yang mengagetkan. Shifting di RPM tinggi juga nyaman. Tarikan kopling tidak terlalu berat.

Wheelbase dari R15 VVA ini lebih pendek jika dibanding R15 lama. Kenapa yak? Arm banana R15 VVA tidak lagi memakai versi V2. Namun, memakai milik Yamaha Xabre. Perbedaannya adalah jika R15 v2 arm banana terdiri dari 1 layer utuh. Jika Arm R15 VVA memakai dua layer yang dikunci dengan baut. Arm banana terbaru ini juga membuat motor lebih pendek.

Walau begitu, soal handling bisa dibilang ini raja nikung stabil. Shock depan yang memakai up side down kayaba, memiliki karakter hard. Gejala limbung tidak terjadi. Saat bro ndess ajak cornering, ada kecenderungan motor kayak kaku, namun ternyata stabil di ajak nikung. Jika GSX terlalu enteng saat cornering, R15 lebih berat namun stabil. Efek dari fairing besar mungkin.

Sisi plus dari shock Kayaba di R15 VVA ini adalah motor stabil di kecepatan tinggi. Bahkan speed di atas 130kpj di mana speed tertinggi yang bro ndess raih yaitu 140kpj, motor stabil!!! Minim goncangan dari samping, jika bro ndess sambil nunduk style bakal kerasa kalau ini motor terjaga betul posisinya.  Body tengah yang besar membuat pengendaranya leluasa menjepit erat, saat ngebut. Cocok buat yang punya postur badan gede juga. Minus dari shocknya, agak kurang cocok buat jalur rusak karena memang karakternya bukan untuk jalur rusak.

Untuk sektor penerangan, lampu LED putihnya punya sudut yang pas. Tidak terlalu menyorot spion mobil sedan. Penerangannya juga pas ke depan. Yamaha sendiri pakai double headlamp yang lowbeamnya berada di tengah sedangkan high-beamnya ada di samping. Susunankayak gini membuat headlamp lebih fokus dan fungsional. Di ajak ke kampung bro ndess yang minim penerangan, lampu tetap bisa menerangi jalan. Di ajak ke pantura malam hari juga masih bisa lihat lubang jalanan yang banyak banget.

Demikian review All New R15 saat di ajak touring lintas kota. Semoga bermanfaat. Mohon maaf foto kurang, karena file hilang beserta handphonenya.

Tanks to :

  • com
  • Yamaha STSJ Main dealer Jatim.

 

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Test Ride dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s