Format file audio Mp3 punah, isu pembajakan lagu jadi sebab?

Assalamualaikum

Brosis, siapa yang tidak kenal MP3? Yups, format file audio paling populer di Indonesia ini memang sudah akrab di telinga kita. Dibanding format lain, format ini paling dipilih dalam file audio rata-rata gagdet di Indonesia. Baik hp java sampai android.

Namun, file audio digital yang sering kita kenal ini akan segera menghilang dari peredaran. The Fraunhofer Institute for Integrated Circuits, sebagai pencipta format file tersebut mengumumkan akan menghentikan lisensi penggunaan format file audio, MP3. Yang artinya MP3 akan segera dipunahkan.

Sumber EnGadget.com menuliskan bahwa Direktur Fraunhofer Institut MP3 kini sudah tergantikan dengan tipe format file yang lebih baik yaitu AAC (Advanced Audio Coding). AAC menjadi tipe file standar yang banyak digunakan untuk mengunduh video dan musik terutama melalui ponsel. Ini tentu jadi kabar yang sangat mengejutkan. Apalagi, file tipe ini paling akrab untuk kategori audio.

Lanjut menurut Direktur perusahaan asal Jerman tersebut, bahwa File ini lebih efisien dan punya fungsi yang lebih baik. Terutama siaran streaming radio dan TV, dengan file itu (AAC), bisa memberikan kualitas audio yang lebih baik dari MP3.

Fraunhofer sendiri sudah mengembangkan tipe file AAC yang punya kualitas lebih baik dari MP3. Ini artinya, sinyal bahwa MP3 akan segera dihilangkan dari dunia gadget memang sudah dipersiapkan dengan matang.

Era streaming memang membuat keberadaan file Offline menjadi berkurang dibanding era dulu. Era smartphone dengan koneksi murah dan cepat ini membuat pengguna gadget lebih memilih streaming, di mana kualitas suara lebih baik dan hemat storage data. 

Meski format file ini akan dihentikan, tetap saja diklaim perubahan ini tidak akan berpengaruh banyak pada konsumen dan pecinta musik. File MP3 lama Anda tidak akan secara tiba-tiba berhenti berfungsi. Selama gadget atau aplikasi yang Anda gunakan masih mendukung tipe file ini, maka Anda masih bisa menikmati file dengan format MP3. Jadi mungkin gadget dan aplikasi terbaru mungkin lama kelamaan akan benar-benar menghapus dukungan akan MP3. Namun, tenang. Ada berbagai aplikasi untuk mengubah kode file atau format ke format terbaru yang didukung gadget terbaru.
Untuk pengetahuan saja, awal penelitian format file audio sendiri dimulai di Friedrich-Alexander University of Erlangen-Nuremberg sekitar akhir tahun 1980-an. Para peneliti dari kampus tersebut bekerja sama dengan Fraunhofer Institute yang kemudian melahirkan tipe file audio bernama MP3.

Stephen Witt dalam bukunya, ‘How Music Got Free’, mengatakan sabotase perusahaan dan kegagalan lainnya hampir membuat MP3 menjadi tidak relevan. Fraunhofer pada tahun 1994 kemudian mulai mengedarkan perangkat lunak MP3 ke publik. Perangkat lunak ini digunakan untuk memindahkan lagu dari compact disc (CD) ke file MP3 di komputer.

Butuh beberapa tahun hingga akhirnya MP3 menjadi standar default audio yang digunakan di internet. Meski kemudian hal ini menjadi perdebatan karena menjamurnya pembajakan musik melalui situs Napster pada 1999. Yang mungkin ini yang jadi alasan khusus file ini segera dimusnahkan. 

Patut diakui juga, kebanyakan lagu illegal bajakan yang beredar baik online maupun kepingan CD kebanyakan berformat Mp3. Selain karena besar file yang kecil, juga gampang dipakai. File ini juga jadi format standart audio di rata rata gadget yang beredar. Peredarannya sulit dikendalikan.

Semoga bermanfaat, namanya teknologi pasti berkembang dan diusahakan mengarah ke sesuatu yang lebih baik. Teknologi harus diupdate seiring perkembangan jaman. Dan kita harus siap menghadapinya.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Tekno News dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Format file audio Mp3 punah, isu pembajakan lagu jadi sebab?

  1. techtonime berkata:

    waduh, format legend mosok mau dihilangkan gitu aja…
    tpi ya gpp deh… flac, aiff sama wav kualitasnya lebih bagus daripada mp3 yg bitratenya mentok 320kbps

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s