Tips Pergantian gear atau tuas pada mobil Matic – buat yang mau beli mobil matic

Assalamuaikum

Brosis, mobil matic jadi favorit para driver di Indonesia. Ya variantnya hampir ada di tiap variant merk mobil yang beredar di Indonesia. Baik kelas LCGC maupun sport macam mobil premium. Kebanyakan transmisi matic selalu ada variantnya.

Nah, tentu sistem transmisi ini berbeda penggunaan dan cara kerjanya. Dari namanya saja sudah beda. Terutama pergantian gear/tuas matic yang keliru dapat menyebabkan gearbox mobil anda rusak, dan harga gearbox sangat mahal. Bahkan, ada beberapa saran sebelum membeli mobil matic second harus dicek dulu bagian ini. Sebab, jadi runyam kalau sampai cacat. 

Dari group facebook tersohor di nusantara, Motuba atau Motor Tua Bangka menshare info dari seorang netizen bernama Setiawan doddu kurnia dari group ICJ. Seorang member menyampaikan tips dan trik penggunaan transimi mobil matic yang benar dan tidak bikin hancur.
Berikut tipsnya :

1. Jangan sekali-kali mengganti gear ‘P’ pada saat lampu merah.
2. Cara yang benar saat berhenti di lampu merah:

– Injak rem kaki

– Masuk gear N (tanpa menekan tombol pada gear. dorong saja)

– Tarik rem tangan.

– Lepas rem kaki.

3. Saat akan mulai jalan:

– Injak rem.

– Masuk gear D (tanpa menekan tombol gear. tarik saja)

– Lepas rem tangan.

– Lepas rem kaki.

– Tekan gas perlahan.

4. Penggunaan tombol pada gear.
a. Tekan tombol saat pergantian:

P > R ,

R > P

R > N

N > R

D > L/D2

L/D2 > D

b. Jangan pernah menekan tombol  diantara

N > D

D > N

D > D3

D3 > D

Kenapa tidak boleh?

Untuk menghindari terlonjaknya gear. Jika terlonjak , gearbox anda bisa rusak. Misalnya dari gear D, anda ingin mendorong ke N. Apabila tidak tekan tombol gear, anda tidak bisa mendorong lebih sebab gear tersekat di N. Tetapi jika anda tekan tombol, anda bisa mendorong gear terus ke R.
Contohnya, sewaktu akan menghentikan mobil, anda akan mendorong ke gear N dari gear D. Oleh karena anda menekan tombol gear, kemungkinan terdorong ke gear R adalah tinggi. Jika mobil belum berhenti sepenuhnya, gearbox bisa rusak. Akibat perpindahan tiba-tiba dari D ke R tertekan secara tidak sengaja.

Berikut adalah susunan gear untuk gearbox mobil matic:
P – Parking, digunakan untuk memberhentikan mobil. Gear akan disekat. Jadi mobil anda takkan bergerak meski rem tangan tidak ditarik.

R – Reverse, untuk mundur.

N – Neutral, jika dalam posisi menunggu lampu merah atau terjebak macet, alihkan ke gear Neutral. bukan Parking. jika dirasa perlu, gear D ke N tidak perlu menekan tombol gear.

D – Drive, perpindahan secara otomatis, gear 1,2,3,4 dan seterusnya. Tombol overdrive – gear akan menyekat untuk masuk ke gear 4. gear yang akan digunakan hanya 1,2 dan 3.

3 – Setengah mobil matic tidak mempunyai overdrive namun mempunyai susunan gear 3 untuk menurunkan gear dari 4 ke 3.

2 – Berfungsi membatasi sistem gearbox anda ke gear 2 dan tidak akan masuk ke gear selanjutnya. Dan akan berpindah ke gear 1 jika diperlukan.

L – Low gear, yaitu gear pertama.

Bagaimana brosis? Mungkin brosis rencana pengen beli mobil matic yang katanya lebih mudah daripada mobil manual? Walaupun tanpa pedal kopling, bukan berarti tidak ada perpindahan gear. Di mobil maticpun ada. Bedanya lebih rumit sistemnya.

Semoga jadi referensi belajar awal, sebelum benar benar memilih mobil matic. Banyak pemilik kendaraan matic yang belum mengetahui hal ini, sehingga keluar uang banyak untuk mengganti gearbox terlalu sering yang harganya sangat mahal. Semoga bermanfaat.

Sumber : Motuba on facebook group.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.
Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Tips Oto dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s