Test Touring Satria FU Injection, jarak 300km lebih – ungkap tuntas si Ayago Injeksi Suzuki!

image

Assalamualaikum

Brosis, bro ndess berkesempatan mengetes motor bebek underbone yang dikenal dengan ayago, yaitu Satria FU Injection. Test yang dilakukan bukanlah test di tempat parkir atau keliling kota Surabaya atau bahkan drag. Tapi, test yang bro ndess lakukan adalah test touring dengan total jarak 300km lebih pulang pergi.

Satria FU FI ini sudah pernah bro ndess bikin gallery detailnya ( Gallery Satria Fu Injection tipe Sport dan Standart ). Fitur fitur juga sudah. Tinggal menyisakan beberapa yang belum yang sudah bro ndess dapatkan dari hasil test touring ini. Nah penasaran? Monggo brosis ikuti artikel ini.

image

Tanggal 15 bro ndess pulang ke Bojonegoro. Kali ini tidak memakai Vario Techno tetapi Satria FU Injection, unit test ride dari Suzuki Indrapura Surabaya dengan nomor 37 yang diserah terimakan kepada Jatimotoblog RB Surabaya untuk test ride harian.

Bro ndess sudah tidak asing dengan sosok ini. Karena kemarin sudah ketemu dan merasakan di event Satria FU 7 second Challenge :

– Test Ride Drag Satria FU Injection, Kenjeran Park

image

Bro ndess setelah serah terima dengan Kang Heri, kemudian langsung membawa nih motor ke Bojonegoro. Rute ke Bojonegoro sendiri adalah gabungan jalur pantura dan alternatif sepanjang 120an km. Tipenya sih jalur kota Surabaya sampai Gresik kota kemudian jalur memutar terminal bunder dan 2 duduk sampeyan, lanjut jalur lurus hingga pertigaan babat kemudian belok ke arah Bojonegoro.

Di jalur inilah yang bro ndess bisa dapatkan feel terbaik dari Satria FU Injection. Di mana bro ndess mengetest durabillity nih motor tanpa henti di kecepatan tinggi di atas 100kpj.

image

Handling

Bicara tentang hadling, bro ndess jadi teringat dulu pernah kecelakaan dengan Satria FU karbu versi lampu gede di mana saat itu bro ndess tidak bisa mengendalikan handling liar satria FU. Kali ini bro ndess coba test handling Satria FU, di antaranya dalam salip menyalip, cornering.

Untuk cornering sendiri, kekurangannya hanya pada ban yang memang seukuran bebek. Tublless ukuran 70/90-17 menurut bro ndess kurang bisa di ajak sampai knee down. Namun tak masalah, handling Satria FU dengan sasis baru ini nurut dan tidak ada gejala goyang.

Saat kecepatan tinggipun nih motor stabil banget, mungkin radak goyang saat pindah perseneling. Itu yang bro ndess rasakan saat speed di atas 100an kpj.

Performa.

Jangan ragukan deh, mesin DOHC Overbore memang real dohc kalau kata member Jatimotoblog. Gimana tidak, saat drag 100m memang kurang ngena nih performanya. Belum ketahuan lah. Nah, saat bro ndess geber di jarak 100x lipat dari jalur tersebut karakter Satria FU Injection baru terasa.

image

Dari awal gigi satu, tarikannya responsif. Diiringi suara knalpot yang lebih merdu, Fu injection ini bro ndess pacu hingga gigi 6. Di gigi 5, nafasnya paling panjang. Di mana bro ndess mencapai speed 126kpj mentok lalu saat di gigi 6 mendapatkan 136kpj. Aslinya bisa lebih namun TB dan BB bro ndess yang 173cm/72kg kurang bisa memaksimalkan top speednya. Apalagi nih motor beratnya cuma 103kg.

Perpindahan gigi bro ndess lakukan tiap 9.500-10.000an RPM. La powernya terasa ngisi terus sampai di RPM itu brosis. Wew, benar benar overbore. Ganas di putaran atas.

image

Suspensi.

Satria FU Injection memiliki sasis baru yang berbeda dengan Satria lawas. Berbentuk mengotak, motor ini memiliki suspensi yang lebih baik daripada versi old. Bro ndess memang bakal tidak bisa merasakn di jalur aspal yang baik. Namun, kita tahu pantura memiliki kualitas aspal yang buruk dan apalagi Lamongan sendiri jalurnya banyak yang bergelombanh terutama setelah keluar Lamongan.

Prasangka pertama bro ndess saat itu, tentu pasti nih motor goyang dombret bikin badan getar semua. Namun, prasangka itu tidak terbukti! Justru Satria FU injection ini sangat stabil di jalur makadam sekalipun. Bahkan bro sis mungkin cuma merasakan efek suspensi yang lembut tersebut yaitu getaran di jok yang menandakan suspensi bekerja maksimal. Motor tidak goyang sana sini.

Ergonomi

Tidak bikin pegal. Walaupun awalnya memang butuh pembiasaan yang mungkin ini yang bikin pegal awalnya. Namun saat sudah terbiasa dan mendapatkan posisi yang pas, maka bro sis mungkin bakal betah naik nih motor. Sayangnya jok pada motor terlalu pendek. Kok bisa?

Dua kali bro ndess pakai boncengan, nih badan sudah ada di ujung jok. Dipakai couple gak bisa nih, buat yang pengen nekad bonceng tiga misal nganter anak sakit, atau bonceng teman mending jangan pakai Satria FU.hehehehe.

image

Kesimpulan.

Bagi bro ndess, motor ini bisa dibilang penyempurnaan kekurangan Satria FU sebelumnya seperti handling liar, mesin downgrade, penerangan kurang, ergonomi buruk, serta knalpot bising. Konsumsi bbm? Bro ndess bahas terpisah.

Suzuki Satria FU injection ini pantaslah, buat mereka yang rindu performa asli Satria FU gen petama atau bahkan FXR. Tarikan mesin yang On The Wheelenya 15HP ini (Otoplus) sudah mampu mengembalikan kerinduan biker Suzuki Satria FU yang kecewa dengan performa Satria FU karbu euro 3.

Nantikan test BBM, test headlamp, komentar dari pengguna FU karbu dan Vixion, komentar dari biker cewek, dan beberapa yang akan bro ndess tulis terpisah.

image

Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Test Ride dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Test Touring Satria FU Injection, jarak 300km lebih – ungkap tuntas si Ayago Injeksi Suzuki!

  1. sigit herdi berkata:

    sayq juga orang bojonegoro.kebetulan tetangga saya ada yg punya satria karbu versi terakhir.dia biasanya bawa kerumah istrinya di banyumas(345km).

    Suka

  2. jovan eka .s berkata:

    Bang mau nanya klo new satria 150 injeksi di ganti knalpot nya doang ga sma leheran nya ada keluhan ga ya

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s