Balada Tanggul Banjir & Hutan Bambu di Kali Anting-anting

image

Assalamulaikum

Pemandangan ini tidak terletak di kampung sebelum masuk hutan loh, justru ini terletak di dataran rendah. Tepatnya di dekat bantaran kali anting-anting yang berhulu di Waduk Pacal dan berhilir di Bengawan Solo. Jika kemarau memang kondisinya kering sekali, lebih kering dari bantaran sawah yang tak berair.

Foto yang bro ndess ambil ini berada di desa Simbatan kecamatan Kanor. Tampak gundukan tanah seperti tanggul dari urukan tanah coklat menghiasi sisi samping kali. Bukan tanpa alasan, ini adalah tanggul baru yang berasal dari tanggul lama untuk mengatasi banjir bandang. Dulunya ini hutan bambu lebat, sepanjang bantaran kali Anting-Anting ini terdapat hutan bambu. Namun, kini di babat hampir semuanya hingga habis untuk proyek anti banjir bandang ini.

image

Foto di atas seperti di savanna ya 😀 padahal dua pohon itu adalah beringin yang berada di salah satu kompleks kuburan desa Simbatan. Tampak gersang, sepertinya memang belum selesai sempurna tanggul ini. Mungkin mau dikokohkan lagi. Oh iya, perlu diketahui memang kali Anting-Anting ini memang mudah meluap jika terjadi banjir bandang dari Waduk Pacal, di tambah jika Bengawan Solo sedang tinggi-tingginya debit air, menyebabkan air berhenti hingga meluap dan menggenangi pemukiman masyarakat sekitar yang dilalui Kali Anting-anting tersebut.

image

Sebenarnya bro ndess juga agak menyangsikan, banyak sekali pohon bambu yang harus dikorbankan. Pohon-pohon bambu itu padahal yang membuat jalan ini teduh, saat hujan melindungi dari angin yang kencang dan juga debit air hujan yang lebat. Memang untuk sebuah proyek yang baik tujuannya juga perlu pengorbanan yang kali ini adalah pepohonan bambu yang lebat.

Beginilah kondisi kali Anting-anting saat kering kerontang :

image

image

image

Tak ada yang menyangka kan kalau kali yang kering ini setiap tahunnya pada musim hujan selalu meluap jika mendapat kiriman air yang berlebih dari daerah selatan Bojonegoro. Semoga proyek tanggul ini benar-benar bermanfaat, dan tidak gagal seperti tanggul besar Bengawan Solo yang berada di kawasan yang berbatasan langsung dengan Bengawan Solo karena tidak adanya bendungan gerak di ujung tanggul.

Kawasan ini juga akan di babat mungkin :

image

Semoga bermanfaat, dan semoga peroyek berhasil.

Lomba Ngeblog Bojonegoro 2014

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Ndeso 94 Android.

Artikel lain :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di sekitar dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Balada Tanggul Banjir & Hutan Bambu di Kali Anting-anting

  1. imronitemb berkata:

    ini yang dicari
    info hutan bambu di surabaya
    salah satu tempat hangout foto unik

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s