Body kit : plastik abs atau fiberglass?

image

Assalamualaium

Brosis, seringkali di internet saat kita googling tentang bodykit custom rata-rata ada dua pilihan yang paling populer di Indonesia. yaitu plastik abs dan fiberglass yang paling banyak digunakan.

Masih banyak ragu tentang bodykit kedua jenis bahan baku tersebut. Memang keduanya berbeda segala hal baik biaya, finishing, keawetan, maintancenya. Kenapa?

Untuk plastik ABS banyak dipakai bodykit imitasi pabrikan. Rata-rata body imitasi motor-motor dari pabrikan semua pakai bahan ABS. Harga juga gak jauh beda sih. Ya karena produksinya juga agak banyak jadi ya bisa ditekan costnya. Beda dengan yang dipakai body kit custom, plastik abs mempunyai harga di atas fiberglass dengan detail desain yang sama!

Fiberglass punya keunggulan mudah dibentuk dan dicetak, dengan ongkos yang lebih murah pula. Keunggulan lain dari abs yang lain, rumah modifnya banyak 😀 Selain itu bahan baku kimianya juga mudah di dapat. Namun, fiberglass punya masalah di durabiity dan finishing. Hasil cat yang mudah memudar, juga mudah retak bila terkena panas terus meneru (teritama yang sering parkir luar), juga finihing yang tidak terlalu bisa halus.

Untuk bodykit custom bahan platik ABS memang tidak semudah fiberglass bikinnya, dan ongkos juga di ataslah. Maintance dari plastik ABS juga lumayan susah walau tetap saja bisa kok. Tuh, bapak-bapak yang da di pasar loak bisa memperbaik plastik yang rusak jadi bagus. Caranya? Di dempul bro. Kalau pecah ya disambung pakai kawat kecil dan didempul, kalau gak bisa buang aja deh :mrgreen: Oh iya brosis. Bodykit bahan plastik ABS memiliki finishing yang lebih halus, detail cat bisa dibikin serapi mungkin. Bro ndes pernah ketemu motor Vixion dengan body kit model R125 dengan bahan fiberglass, satunya plastik ABS. Keduanya memiliki finishing yang berbeda, plastik ABS cenderung lebih halus. Selain itu lebih lentur dari fiberglass yang cenderung kaku, sehingga aman dari getaran yang timbul dari jalanan yang bervariasi serta minim gejala retak.

image

Bagaimana brois? Memilih platik ABS atau fibergla? Pilihan ada pada brosis sendiri. Saran sih, kalau suka gonta ganti model modif mending fiberglass lebih murah. Tapi, kalau punya duit lebih dan ingin bodykit yang lebih awet dan juga finishing rapi buat harian. Plastik ABS rekomended deh. Tuh bodykit pabrikan aja pakai plastik ABS kan?

Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Ndeso 94 Android.

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Opini & Fakta, otomotif dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Body kit : plastik abs atau fiberglass?

  1. nono berkata:

    kalau saya lebih suka plastik ABS kalau rusak ya tinggal diganti yang baru dan pasti pas.
    harganya juga tidak terlalu mahal.

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s