Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi by MPM dan OtoPlus,,,, nambah ilmu gan.

Jpeg

Asslamualaikum

Brosis, kemarin siang tanggal 27 Juni. Bertempat di MPM Distribution Spare Part Center, Sedati. Bro ndess dan Kang AnangCozz mewakili Jatimotoblog menghadiri undangan pelatihan Jurnalistik dan Fotografi yang juga diikuti oleh komunitas motor lain seperti KCS, HVIC, MPC dll yang berdomisili di Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto. Tak hanya bikers saja, tapi ladies bikers juga ada dari Surabaya. Dua orang sih, Nama klubnya lupa. Hehehe, motor Honda Spacy.Berikut rundown acara yang berlangsung mulai siang hingga berbuka tersebut :

IMG-20150627-WA0011Acara sejatinya dimulai pukul 13.00 ini molor satu jam, karena masih banyak teman-teman komunitas yang terjebak macet di jalan. Bro ndess sendiri terjebak juga, sampai mandi keringat nih bro sis. Hehehehe, lanjut. Total ada 20 komunitas yang diundang MPM untuk diberikan pelatihan jurnalistik dan fotografi guna mengembangkan kemampuan memberikan informasi lewat media. Dalam kasus ini, difokuskan ke web blog.

Di mana telah datang juga dari OtoPlus. Bapak Indramawan (Editor OtoPlus) dan juga Bapak Dimas (Bagian Ilustrator). Keduanya sudah profesional di bidangnya dan bro ndess sangat beruntung bisa mendapatkan ilmu dari beliau berdua tentang tata cara menulis sebuah artikel yang efisien, benar, sesuai kaidah berbahasa. Serta juga ilmu tata layout artikel. Bagaimana kita menyingkronkan sebuah foto yang kita ambil dan menyelaraskan dengan isi artikel yang kita buat.

Jpeg

Pak Bondan, selaku head office HC3 memberikan sambutannya

Acara tersebut juga mendapat sambutan dari perwakilan AHM Pusat, Bapak Bondan yang merupakan Head Offife HC3 di AHM. Yang memberikan sedikit wawasan tentang etika jurnalistik. Mantap. Pak Bondan ini, sudah pernah bro ndess temui saat event Honda di Kodam yang pelaksanakan press conferensenya di Sutos, Surabaya.

Nah, lalu apa saja sih yang dilakukan saat pelatihan? Yang pertama tentu materi dari pak Indramawan tentang bagaimana menulis yang benar, mulai dari awal paragraf hingga finising sebelum dipublish. Dalam kesempatan kali ini, banyak yang bertanya tentang bagaimana awal menulis. Karena sebagian besar mengeluh kesulitan menentukan paragraf awal, bahkan judulpun sulit. Itu juga kadang bro ndess alami juga sendiri. Untuk masalah ini, akan bro ndess buat artikel terpisah untuk menjelaskan materi yang sudah diberikan oleh Pak Indrawan dan Pak Dimas.

Jpeg

Pak Indramawan  (OtoPlus)

Selesai sesi materi pertama. Peserta pelatihan di ajak praktek, di mana di adakan sesi pemotretran dua objek berbeda yaitu diecast, dan hijabers bermotor. Para peserta cukup seru. Walau sebagian bawa kamera DLSR, bro ndess dan kang Anang tetap pakai gadget. Ya…..walaupun hasil dari gadget Zenfone 4 bro ndess ini dianggap dari kamera DLSR pas evaluasinya 😦 Bro ndess pertama memotret hijabers bermotor dahulu. Kemudian bro ndess dan Kang Anang setelah ashar, baru beranjak memotret diecast yang menampilkan motor Honda yang berlaga di MotoGP.

1. Diecast Motor yang dipakai MotoGP oleh Honda.

2. Hijabers punya gaya

Selesai sesi pemotretan, diadakan evaluasi di mana para peserta disuruh membuat artikel yang berhubungan dengan kegiatan hari itu dan juga bagaimana tata letak layout tulisan apakah sesuai penjelasan pak Indramawan. Nah, di sini diskusi lumayan apik. Banyak yang bertanya juga, dari yang bro ndess lihat. Tulisan para blogger komunitas motor itu patut diapresiasi bagus. Di mana mereka masih mau ngeblog, tak cuma sosmed saja. Jadi bukan lagi biker facebook tapi biker blogger. Panitia, tak lupa juga memberikan hadiah merchandise bagi yang sudah menulis artikel saat itu. Total ada 11 blog yang update baik dari komunitas motor dan Jatimotoblog. Di mana sebuah mug bertuliskan Honda, juga doorprize helm half face yang di dapatkan oleh peserta yang beruntung.

 

Jpeg

Setelah adzan magrib berkumandang, kami semua berbuka bersama di tempat yang telah disediakan panitia MPM. Lumayan lah pengganjal perut, Alhamdulillah rejeki.  Tak lupa sholat Magrib, karena Sholat juga ibadah yang wajib. Nah, setelah selesai magrib dan berbuka dan semua sudah berkumpul. Hadiah dibagikan kepada peserta yang beruntung. Bro ndess dan Kang Anang sendiri mendapatkan gelas mug. Lumayan buat gelas di Kos. hehehe.

Alhamdulillah, serangkaian acara sudah berjalan dengan lancar. Di mana bro ndess dan tentunya para peserta pelatihan yang lain juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan tentu bakal bro ndess aplikasikan di bidangnya. Akhir kata, terimakasih MPM dan juga OtoPlus atas undangannya kepada komunitas Jatimotoblog serta komunitas motor lainnya yang telah memberikan pelatihan yang bermanfaat dan semakin mendorong komunitas untuk melakukan publikasi dan kegiatan dengan benar tanpa harus pro dan kontra yang berlebihan.

Semoga bermanfaat.

 

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Ndeso 94 Android.

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Pelatihan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi by MPM dan OtoPlus,,,, nambah ilmu gan.

  1. mas huda berkata:

    Wah pengen banget ikut acara kek ginian

    Suka

  2. Azis Karim berkata:

    Rame banget sampai 20 komunitas diundang

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s