Trip Visit : Melintasi jalur alas Malang Selatan dan Pantai Goa Cina (part 1)

image

Assalamualaikum

Brosis, senin kemarin bro ndess dan teman bro ndess melakukan touring nekad dengan tujuan Malang Selatan. Rencana touring ini sudah direncanakan sebelumnya. Nah, bagaimana perjalanannya? Monggo di simak

Rute kali ini mengikuti Google Maps yang sudah dilock, seperti di bawah ini :

image

Sejauh 157km yang jika PP total jaraknya 314km dengan kecepatan dan kondisi jalan yang bervariasi. Si Gold diisi full tank pertamax yang sampai sekarang bensinnya masih tersisa lumayan. Kondisi kendaraan fit dan siap tempur.

Ok, perjalanan dimulai dari toko bro ndess, jam 2 dini hari. Kenapa gak Subuh? Menghindari macet Malang pada pagi hari. Bro ndess mengisi bensin pertamax full tank di SPBU Arjuna, Surabaya. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan kecepatan rata-rata 80-90km/jam. Kondisi jalan yang sepi mendukung sekali.

Kondisi lalu lintas Surabaya Sidoarjo lancar walau tidak begitu lenggang. Masih banyak kendaraan yang lalu lalang di jam istirahat itu. Banyak orang yang ke pasar juga. Jam segini memang waktu yang tepat untuk ke pasar. Dagangan masih segar,hehehe.

Untuk jalur porong sampai Pandaan, bro ndesa bisa memacu motor sampai maksimal karena sepi juga menghindari begal yang biasa beraksi di daerah ini. Sesuai info, gempol sampai pandaan adalah daerah rawan begal. Jadi harus lebih hati-hati. Jam segini truk besar masih jarang lewat dibanding masih malam hari tadi.

image

Dengan kecepatan 100km/jam, bro ndess lebih cepat nyampai lawang di luar prakiraann 1jam 15menit sudah nyampai. Tiba-tiba kabut turun lebat. Jarak pandang agak kurang, hingga bro ndess masuk ke Malang Kota kabut mulai hilang. Bro ndess sempat salah arah ke terminal Arjosari. Bro ndess pun memutar balik dan kembali ke jalur umum

Sesuai peta, bro ndess melewati sebuah jalur yang sepi sekali (alternatif). Jalur ini ada gudang PT Indomarco Prismatama Cabang malang. Bro ndess berhenti sejenak istirahat di suatu Indomaret sambil menunggu matahari terang.

image

Setelah jam 6 matahari sudah terang, bro ndess melanjutkan perjalanan. Melewati jalur alternatif menuju Gondanglegi. Nah di sini bro ndess salah ambil jalur, seharusnya lurus lewat turen dan jalan nasional. La bro ndess malah lewat jalur alternatif kampung yang melibas jalur offroad yang sebagian besar di dominasi jalur berbatu.

image

Tak tanggung-tanggung, 53,7km jalur ini. Hutan dan rumah penduduk yang berjauhan jadi teman buat kami menembus hutan alas Malang Selatan ini. Naik turun gunung, rute yang harusnya dilibas dengan motor trail enduro. La ini malah pakai NVL :mrgreen:

image

Jalur ini memang benar ekstrim, hutan lebat membuat kami tidak kepanasan karena cahaya matahari terhalang pepohonan. Nah, sepanjang perjalanan kami juga sempat masuk jalur yang licin batunya sehingga hampir terjatuh. Benar-benar enduro style. Shock NVL dan ketahanan mesin diuji di sini.

image

image

Bro sis, 2jam bro ndess lewat jalur itu, akhirnya bisa mencapai sisi paling selatan Malang. Dan kami bertemu jalur pinggir pantai yang di aspal baru. Kami pun menuju Goa Cina. Kami berhenti sejenak untuk berfoto di jembatan bajulmati.

image

image

Bro ndess melanjutkan perjalanan lagi ke pantai Goa Cina yang tinggal bebetapa kilometer lagi. Jalur ini belum sepenuhnya selesai di aspal, jadi hati-hati jebatan batman yang masih ada.

Nah, dari jalur utama ke pantai harus melewati jalur offroad dulu 1-2km. Nanti ada portal untuk tiket masuk. Murah, cuma 5000/orang. Nah, motor harus di parkir di tempat parkir yang di sediakan. Tarifnya 5000/motor. Wealah.

image

Pantainya sepi, mungkin karena hari senin. View yang diberikan amat indah. Ombak yang besar khas pantai Selatan dan beberapa pulau kecil yang terlihat indah dan Subbhanallah. Bro ndess juga sempat mencari foto sengan view terbaik di sini 😀

Berikut gallerynya :

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Asri, bersih, sedikit sampah, view pulau kecil dan ombak besar uang indah, gua yang katanya bekas pertapaan seorang leluhur cina menurut sejarah. Lumayanlah yang diberikan oleh pantai ini. Walau pantainya dilarang buat berenang dan surfing karena banyak batu karang dan ombak dengan arus dalam yang kuat terutama pasang.

Setidaknya 4jam bro ndess menikmati waktu untuk bersantai dan hunting di pantai ini. Bikin betah dan juga bikin bro ndess bersyukur masih diberi kesempatan menikmati indahnya alam yang indah ciptaan Allah SwT. Alhamdulillah.

Selanjutnya : Artikel Part 2

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Ndeso 94 Android.

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Gambar, Trip Visit dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s