Membuktikan kekuatan motor dengan menerobos banjir adalah tindakan yang membahayakan motor dan dompet!!!

IMG-20150211-WA004

Assalamualaikum,

Banjir melanda beberapa daerah di Indonesia akhir-akhir ini saat musim hujan mulai memasuki puncaknya. Kondisi air yang tergenang hingga banjir membuat aktivitas masyarakat terganggu. Dalam situasi yang bagi sebagian orang adalah musibah yang rutin, ada beberapa bikers yang mencoba peruntungan dengan menerobos banjir tersebut dengan motor.

Yang paling sering diuji sih motor asal India. Memang motor ini jadi motor amphibi yang sering dipamerkan kehebatannya dalam menerobos banjir. Padahal hal itu amat berbahaya. Terutama pada motor dompet, kecuali anda orang kaya yang siap dana buat turun mesin.

1977157_742806159159779_2384090245194028737_n

Banjir itu berbeda dengan air PDAM. Endapan lumpurnya serta air yang keruh kadang bisa memmbuat beberapa part motor jadi berkarat. Rantai sendiri terancam jadi kendor. Salah satu resiko paling fatal adalah water hammer, di mana kondisi air dan endapan yang masuk ke dalam ruang bahan bakar yang menyebabkan stang piston rusak, ringpiston rusak, dinding silinder baret dan head silinder melengkung.

Biaya turun mesin bisa mencapai satu juta gan kalau ikut ganti part-part mesin. Membuktikan motor mana yang paling tangguh dengan menerjang banjir adalah ide konyol. Bapak bro ndess sendiri pernah terkena water hammer saat Yamaha Mio gen 1 dibuat menerjang banjir besar tahun 2007 silam. Akibatnya tentu pada mesin gan. Ditambah sistem penggerak jadi kotor dan agak ceket sehingga rawan rusak.

IMG-20150209-WA014

Air Banjir sangat berbahaya buat mesin kalau sampai kemasukan. Endapan pasir dan lumpur halus yang ikut mengalir bersama air menjadi momok menakutkan buat mesin motor. Jika banjir di atas posisi mesin mending jangan diterobos. Kalau air masih separuh velg motor barulah boleh diterobos karena aman. Bukan karena kualitas motor bro, tapi demi keselamatan anda dan motor. KArena apa? Keisengan menenorobos banjir hanya karena ingin membuktikan motornya bisa nerobos banjir adalal hal konyol yang merugikan diri sendiri.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Tips Oto dan tag , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Membuktikan kekuatan motor dengan menerobos banjir adalah tindakan yang membahayakan motor dan dompet!!!

  1. Mbak Snoopy berkata:

    lak motor matic,,asal jangan samapai melebihi knalpot dan filter udara…

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s