Motor anda jumping dan goyang hebat sehabis menabrak jalan rusak? tekniknya biar tidak jatuh!

Met pagi, met Puasa Arofah

Hari ini, saat ane pulkam ane berkendara dengan Si Gold. Memang benar kalau malam hari itu mesin Yamaha pasti lagi enak-enaknya. Si Gold ane pacu lumayan lah, berhubung jalanan lurus pantura setelah kota Lamongan sampai Babat.

Pada suatu jalan, tiba-tiba si Gold menabrak lubang jalan dan sempat jumping. Nah, teringat di video TT Island of Man yang di mana para pembalap dengan tepat mengendalikan motor yang goyang saat jumping dengan kecepatan tinggi di suatu jalan.

Konsentrasi memang harus tetap tinggi, saat itu pegang kuat stang. Umunya stang akan belok kekiri kalau terjadi jumping, itu kayaknya sudah menjadi kebiasaan seorang rider hehe. Motor akan terpelanting ke Kiri, kemudian tentu refleknya kita bakal belokkan kekanan. Nah, saat itu pegang kuat stang motor dan tekan ke bawah. Jangan kendurkan karena stang bakal tidak bisa dikendalikan apalagi hal itu terjadi kurang dari setengah detik.

Ban belakang pasti ikutan goyang tak terkendali, saat itu kuatkan jepitan kaki anda ke body motor atau jok sisi depan kalau motor bebek dan matic. Lakukan tekanan ke footstep agar motor cepat stabil. Jangan malah diam saja karena motor akan makin tak terkendali bahkan jatuh. Karena kondisi itu motor tidak bisa dikendalikan dengan baik kecuali dengan paksaan.

Jangan tarik tuas rem depan, karena bakalan bikin ban jadi berhenti karena posisi tidak menapak aspal sempurna dan bakal terjadi slip dengan aspal dan akhirnya motor terjatuh. Kemudian lakukan pengurangan gas, jangan tarik gas dulu sebelum stabil.

Memang momen-momen saat begini begitu cepat dan mendadak, maka yang paling penting konsentrasi tinggi dan juga harus dibiasakan melatih reflek yang bagus dalam berkendara terutama yang sering berkendara motor jauh.

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

#Salam_Ndeso_Bojonegoro

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Tips Oto dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Motor anda jumping dan goyang hebat sehabis menabrak jalan rusak? tekniknya biar tidak jatuh!

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.