Pelanggaran Tanpa Helm dan Mental Safety Riding

Met Jum’atan.

Kesadaran berlalulintas masih kurang terutama di jalan raya. Jangankan di jalan raya, di kampung aja banyak kok. Apalagi sekarang banyak motor-motor yang dirancang untuk kencang + harian. Yups, kurangnya pendidikan berlalulintas yang baik dan juga memang budaya kita yang sekarang ini banyak nyelewengnya.

Berkendara tanpa helm, salah satu yang paling sering ditemui di wilayah-wilayah manapun… Baik motor mahal ataupun motor murah. Karena apa? Kebanyakan beralasan kurang efisien. Jarak dekat. Bahkan mungkin kalau kata ABG, gak gaul, mukanya gak keliatan buat dilirik cewek-cewek :mrgreen:

Padahal, di dalam kepala ini ada satu organ yang paling penting untuk dilindungi. Otak, kecuali kalau anda tak punya otak ya gak papa gak pakai helm. Otak berfungsi seperti ECU/CDI pada motor. Berfungsi mengatur segala kegiatan dan menjaga keseimbangan tubuh agar tetap berjalan sesuai fungsinya.

Kalau saja, kita tidak memakai helm apakah yang akan terjadi? Bila terjadi kecelakaan maka resiko cidera berat di kepala bahkan kematian sangat mungkin terjadi. Opo gak eman? Helm itu penting gan. Masak bisa beli motor, tapi malas pakai helm.

Paling parah ya yang pakai motor mahal tapi justru kelakuannya lebih parah dari para abg alay seruntulan. Anda pasti sering menemuinya kan? Terutama malam minggu. Orang kayak gitu belum pernah cacat karena cidera kepala mungkin jadi fine-fine aja terus.

Helm’pun tidak boleh yang abal-abal. Harus SNI atau DOT sekalian. Sesuai fungsi bukan cuma gaya juga. Sesuai dengan spesifikasi motor, contoh jika motor dengan spek lambat memakai helm half. Motor dengan spek cepat memakai helm full. Motor enduro memakai helm khusus. Masing-masing ada standartnya. Maka akan sangat lucu jika menaiki Ninja ZX-6R atau YZF-R6 tapi memakai helm half face. Bahkan menaiki Ninja FI memakai helm centro classic yang kayak kacang sukro. Gak sesuai standart om. Efek perlindungan yang diberikan helm cuma berdampak kecil, karena tidak sesuai standart yang pas dengan tipe motornya.

Apa harus helm aja om yang diperhatikan? Enggak’lah. Semuanya harus diperhatikan. Mental berkendara juga, walaupun pakai helm dan full safety gear tapi kelakuan tak lebih dari alay? Percuma… Duit jutaan buat beli safety gear lengkap tapi kelakuan tak safety. Bikin orang lain celaka.

Sayangi nyawa anda bro, harga sebuah nyawa itu tidak cukup 10 juta. Didiklah diri anda untuk memiliki mental safety riding, mulai jasmani dan rohani. Agar selalu senantiasa selamat di jalan raya, oh iya. Jangan lupa berdoa juga 🙂

Tanks to Bro Muniv @Nivikoko. Awalnya postingan ini agak “kejam” tapi sudah di edit 😀

#Salam_Ndeso_Bojonegoro

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di renungan dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Pelanggaran Tanpa Helm dan Mental Safety Riding

  1. orong-orong berkata:

    jangankan orang sipil, polisi aja tadi pagi ane lihat bawa motor sambil main hp mana motornya gak lengkap lagi
    http://orongorong.com/2014/08/29/wellcome-cbr150r-indonesia-version/

    Suka

  2. kidzoners berkata:

    podo wae, aparat juga gtuu.. paling sering nemu tuh TNI klo dijalan kagak mau pke helm.. malah berlagak pula di depan polantas

    Suka

  3. Mas Wiro berkata:

    Parahhhh…dn akan dilanjutkan 😀

    Marc Marquez akan main aman di Silverstone?

    http://nyobamoto.com/2014/08/30/motogp-silverstone_bukan-sirkuit-favorit-marc-marquez-akan-main-aman/

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s