kultum Subuh : Guru/Dosen yang baik itu yang galak atau yang favorite?

Kalau ane jaman SMP/SMA dulu, suka dengar istilah guru favorite. Bingung juga sih, bedanya guru favorite dan guru baik itu apa ya? Oalah. Setelah belajar dari berbagai sumber, ane sekarang bisa nyimpulkan perbedaannya dan sebenarnya seperti apa guru yang baik itu. Yuk simak Kultum Subuh kali ini kang/mbak, pokoe tiap subuh ada artikel khusus nasehat Subuh πŸ™‚ .

Kebanyakan mahasiswa(I) dan anak sekolah sekarang, memandang seorang dosen/guru itu antara favorite dengan enggak. Bukan karena baik atau nggaknya. Betul nggak? Hayoo yang dulu sekolah atau kuliah, jujur aja. ωk:D ωk:D ωk:D β„’.

Dosen/Guru yang menjadi favorite sebagian besar anak kuliahan/sekolahan adalah pasti yang memberi nilai mudah, membiarkan contek’an dan cerpek’an, nggak terlalu ketat, sering kosong jamnya, dan pasti kebanyakan suka ngajak bercanda.

Menurut ane sih, yang kayak gitu bukanlah seorang guru/dosen yang baik. Itu mah namanya stand up comedy. Walau memang gak semuanya begitu.

Guru/dosen yang baik adalah guru yg galak, memberi motivasi yg tinggi, menghukum dengan tugas yang banyak, membentuk krakter, mampu mentransfer ilmu, memaksa disiplin dan paham, bukan guru favorit yang mudah mmberi nilai mudah, tidak adil, membirkan cerpek’an dan contekan.

Yang salah kaprah sekarang adalah, kebanyakan guru yang galak malah dibenci. Lebih banyak yang suka guru yang murah nilai. Hal ini justru membuat yang pintar jadi putus asa, yang bodoh jadi makin bodoh. Kenapa? Nilai tak diukur dari prestasi, dan rata-rata guru seperti ini banyak yang disukai oleh sebagian besar murid.

Dan guru-guru seperti ini acap kali mudah mendapatkan tunjangan dari pihak sekolah. Contohnya ya di sekolah SMK ane jaman dulu lah. Keliatan banget tuh.

Terus yang salah siapa kang? Ane gak mau nyimpulin. Mindset yang terbentuk udah baku dan sulit dirubah kecuali ada kesadaran dari jaman SD atau Balita. Jaman dulu ane suka nyantol dan suka dengan guru, yang memberikan motivasi dan mudah mengajarkan materi. Bukan sekedar memberi nilai ++.

Kapankah mindsite guru favorite itu berubah???

#Salam Ndeso Bojonegoro.

Artikel lain :

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di renungan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke kultum Subuh : Guru/Dosen yang baik itu yang galak atau yang favorite?

  1. motogokil berkata:

    yang baik adalah yang memberikan tauladan yang baik, sabar dalam mendidik, dan nggak berhenti belajar.
    titip mas http://motogokil.com/2014/03/29/mengenal-sistem-kecerdasan-buatan-dan-aplikasinya-pada-otomotif/

    Suka

  2. Mas Sareh berkata:

    Banyak hal mas yang menyebabkan guru seperti judul di atas? kalau jadi guru galak sekarang tidak boleh Mas??? nanti bisa melanggar HAM Anak lho… jadi susah urusannya, bisa2 tidak pulang dari kantor Polisi…he..he, Kenapa banyak guru terkadang membiarkan seperti itu?? Cukup panjamg jawabannya mas bisa 2 SKS.. .

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s