Bahaya Octane Booster di Motor Injeksi

oktan-booster-yamaha

Sering kita jumpai akhir-akhir ini banyak produk baru octane booster yang berfungsi meningkatkan octane BBM. Namun ternyata hal itu berbahaya loh kalau terus-terusnya. Kenapa? Monggo infonya dari otomotif.net.

Jakarta – Pengguna motor yang kurang puas dengan performa motor mereka saat memakai bensin jenis premium jamak mendongkrak angka oktan dengan memakai octan booster. Namun waspadalah, karena hal tersebut justru bakal merugikan konsumen di kemudian hari.

“Kami tak merekomendasikan octan booster sebagai penambah nilai oktan bensin. Ini karena oktan booster tak tercampur sempurna dengan bensin. Jadi residu yang dihasilkan, terutama pada tipe tablet terlalu banyak. Karena biasanya zat pewarna yang dipakai akan tertingal di filter sehingga membuat aliran bensin tersumbat,” jelas M. Abidin, GM Service dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Memang bahaya yang muncul tak langsung datang, tapi dalam jangka waktu panjang. “Jika pemakaiannya secara terus menerus justru bisa menggerus beberapa komponen di jalur BBM,” ungkapnya.

Ciri-ciri yang kerap ditemui jika sampai terjadi hal tersebut antara lain mesin jadi susah dinyalakan, lari motor ndut-ndutan atau mbrebet, konsumsi bensin boros, emisi gas buang buruk dan performa mesin ngedrop.

Pria ramah ini menambahkan jika sebenarnya motor yang dikeluarkan Yamaha saat ini masih bisa mengonsumsi bensin jenis premium. “Kompresinya masih aman. Kecuali kalau kompresi motor sudah tinggi, di angka 10-11 itu baru wajib pakai Pertamax. Tapi kalaupun mau mengonsumsi bensin dengan oktan tinggi, ya nggak perlu pakai octane booster,” pungkasnya.

Tuh, jangan sering-sering menggunakannya ya kang. Bahaya, mending beli pertamax aja deh buat kompressi tinggi atau premium buat kompresi rendah. Lebih aman dan awet.

#Salam Ndeso Bojonegoro.

Artikel lain :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di otomotif, Tips Oto dan tag , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Bahaya Octane Booster di Motor Injeksi

  1. newseries berkata:

    motorku tak kasih oplosan.. Aman ora yo… 😀

    Suka

  2. mas huda berkata:

    Jadi lebih baik langsung pertamax aja ya

    Suka

  3. Ping balik: Informasi Pengimbang Tentang Eco Racing – Ahmad Abdul Haq

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s