Muslim anti korupsi? Wajib!

dhunternews.blogspot.com

Korupsi, apakah itu korupsi? Kenapa begitu hot dan menjadi trending topic di media-media kita? Apa yang termasuk korupsi? Kenapa haram? Perbuatan apa saja yang menjadikan mental kita mental korupsi? Yuk kita bahas.

Dalam bahasa latin, korupsi sama dengan corruptio dari kata kerja ‘corrumpere‘ yang bermakna
busuk, rusak, menggoyahkan, memutar balik,
menyogok. Dalam arti realnya adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

aaLek-sO.jpg

Kegiatan korupsi amat sangat merugikan orang lain kang, di mana uang rakyat hasil pajak, dihambur-hamburkan dan diambil sebanyak-banyaknya sedang mereka yang mengambil terkadang udah punya buanyak uang. Namanya manusia pasti serakah. Begitulah adanya. Selama terkuasai oleh sifat serakah, manusia pasti akan melakukan cara apapun agar dirinya mendapatkan uang banyak. Apalagi ada peluang besar dan uang berlimpah di lembaga.

Korupsi hanya pejabat saja? Oh tidak. Polisi disuap’pun termasuk korupsi, nah loh. Dalam defisini beberapa jenis dari korupsi itu, memang suap-menyuap juga termasuk korupsi kang. Dalam intesitas kecil. Alias jumlah uangnya kang. Nah, perlu kita ketahui bahwa kegiatan menyuap polisi sudah membudaya di masyarakat kita sebagaian besar. Kenapa? Ya polisinya itu yang membuat suasananya terjadi. Memberi kesempatan.

Cheking-Oek.gif
*Sholat jalan terus, tindakan tercela harus berhenti*

Nah, sebagai seorang muslim yang berpedoman Al’qur-an dan Al-Hadist. Kita tidak boleh melakukan yang namanya tindakan korupsi. Kenapa? Selain haram, itu juga merugikan. Merugikan diri sendiri(dosa) dan merugikan orang lain(bila mengkorupsi uang orang lain). Uang hasil korupsi tak akan pernah bisa barokah, sahabat. Istilahnya uang panas, yang hanya bisa memanaskan otak sang pengkorupsi. Selalu membuat gelisah sang koruptor’nya. Anda mau seperti itu?

Nah, sekarang saya tunjukkan ayat yang melarang kita untuk bertindak korupsi, dalam bentuk apapun :

“Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu, kemudian tiap tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya.” ( Ali Imran : 161 )

Ayat yang lainnya :

“Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.” ( Al-Barqoroh : 188 )

Kalo yang ini sudah lazim dilakukan para koruptor di negeri ini. Kita tahu sendiri bahwa banyak kasus tanah-tanah dieksekusi dan lain-lainnya. Ada sebuah opini yang muncul dalam benak saya. Bahwa kasus-kasus eksekusi tanah itu, sebenarnya tindak dari sebuah keserakahan. Bagaimana tidak, terkadang ada yang mengakui ini tanah negara, ini tanah a, ini tanah b, ini tanah dkk, dan lain-lainya. Bahkan membawa perkara itu ke pengadilan agar dapat menguasai seluruh tanah yang disengketakan. Biasanya sih, hakim-hakim yang menanganinya banyak di suap(sudah banyak contoh di media dan film). Saya miris berita perebutan tanah seperti itu. Karena, sudah banyak sandiwaranya. Ya Allah.

Bagaimana cara memberikan budaya anti korupsi sejak dini? Ada dua, Jujur dan amanah. Ke duanya adalah faktor penting di saat kejujuran dan rasa amanah mulai hilang di negeri ini. Budayakan untuk jujur, dan juga budayakan untuk memenuhi amanah yang dipercayakan. Niscaya, sifat-sifat korupsi tidak akan melekat, dan satu hal lagi adalah ingat kepada Allah, ingat kepada kematian, ingatlah kepada surga dan neraka. Allah akan memberi jalan bagi yang baik bagi hambanya.

Mari, kita budayakan anti korupsi sejak kecil. Agar saat kita menjadi pejabat yang besar, kita terbebas dari keinginan mengkorupsi harta orang lain atau negara. Kita bisa menjadi orang yang amanah, dan dipercaya banyak orang. Mendapat barokah dari Allah SWT. Bismillah, Aamiin.

Video MetroTV Tean – Indonesia Harus Bebas Korupsi by @Eka Gustiwana.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah
kamu mengkhianati Allah dan Rasul
(Muhammad) dan (juga) janganlah kamu
mengkhianati amanah-amanah yang
dipercayakan kepadamu, sedang kamu
mengetahui.”( Al-Anfaal : 27 )

Asmaul Husna

#salam ndeso Bojonegoro

Link ;
Media Muslim Terbaik
Search Engine Islami
Media Dakwah Islam

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Opini & Fakta, renungan dan tag , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Muslim anti korupsi? Wajib!

  1. c33b berkata:

    sayangnya mereka yg korupsi kebanyakan jg telah disumpah di atas Al Quran, tp nekat korupsi jg

    Suka

  2. op-846 berkata:

    aamiin….!!

    Suka

  3. Thanks for the auspicious writeup. It in fact was a enjoyment account
    it. Look complex to far delivered agreeable from you!
    However, how can we be in contact?

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.