Gegara Nonton Exhuma, Pada Berfikir Indonesia Ada Pasak Jepang?

Assalamualaikum,

Brosis, Di Tiktok viral fyp soal film exhuma, yang terdapat villain yaitu Hantu Jepang yg berbahaya, berwujud pusaka gaib. Indonesia apakah ditinggali pasak tertentu biar tidak sejahtera dan lainnya?



Ah tidak juga. Jika melihat kerajaan kerajaan Nusantara bisa survive dengan berbagai keadaan dan generasi kerajaan. Bahkan di jaman Belanda sebelum Nusantara menjadi negara kolonial Belanda. Jepang cuma 3,5tahun menjajah dan dia benar benar modal keruk SDA dan SDM.



Masyarakat Nusantara kalau melihat sejarah, tipe orang yang patuh dan setia terhadap tokoh atau tetua. Kehancuran kerajaan juga bukan karena penurunan ekonomi sipil tapi karena ulah tokoh dan pihak kerajaan.

Dibilang ada pasak Jepang yang bikin Nusantara tidak jaya? Oh tidak, kesejahteraan Nusantara ya bagaimana itu para tetua dan tokoh membuat SDM lokal bisa tergerak maju. Secara tidak langsung, Pasak Nusantara menurutku ya mereka yang dipercaya jadi tokoh bagi masyarakat. Bukan hal gaib.



Karena hal gaib itu cuma menstabilkan keadaan pulau itu, dibanyak cerita kan. Tidak ikut campur soal kesejahteraan, cuma menciptakan rasa aman aja. Contoh, yang dipercaya jadi pasak pulau Jawa. Gunung Slamet yang terletak di tengah Pulau Jawa.

Ada ada aja, Netizen. Film ginian, bikin overthinking aneh aneh.

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di BERITA, Mitos dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.