Ternyata Jaman Dulu, Bus Tanpa Spion Kiri Walau Tetap Ngeblong

Assalamualaikum,

Brosis, menarik jika menyimak sejarah transportasi jaman dulu. Yang peraturannya amat sangat berbeda dengan di jaman milenium ini. Jaman dulu memang volume kendaraan sangat jarang dan memang dulu walau angka rupiahnya kecil tapi terbilang mahal, karena rupiah masih sedikit kursnya dengan dollars.

Ada fakta yang menarik sebetulnya jika bahas transportaso jadul. Salah satunya adalah ternyata sampai awal tahun 80an masih cukup banyak ditemukan bahwa bus bus yang beroperasi tanpa adanya spion kiri. Nah, kok bisa ya. Apa enggak susah tuh driving tanpa spion?

Walau beberapa bus menjelang akhir 80an sudah banyak yang memakai spion kanan, tapi cukup membingungkan juga soal ini. Karena beberapa info menyebutkan mobil pribadi juga banyak yang masih spion kanan saja, tanpa kiri.

Mungkin alasan jaman dulu jalanan masih 2 lajur bisa masuk akal? Karena itu yang terpenting hanya di spion kanan utk memantau belakang dan karena jaman dulu belum banyak kendaraan, kerne masih bisa dipakai dan mengatasi sisi kiri.

Agus Setyawan dari forum Sejarah Transportasi, memberikan analisan bahwa Jalan jadul masih sempit, tidak memungkinkan kendaraan dari belakang menyalip dari kiri seperti sekarang. Untuk parkirpun masih longgar karena masih banyak tanah lapang dan belum sepadat sekarang. Dimensi bus jadul belum sebesar bus modern, teriakan kernet masih terdengar nyaring di telinga driver saat parkir.

Nah bagaimana, adakah yang jadi penumpang bus malam jaman 80an? Mungkin dulu sudah tahu kalau bisnya tidak pakai spion atau justru sudah paham. Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Transportasi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ternyata Jaman Dulu, Bus Tanpa Spion Kiri Walau Tetap Ngeblong

  1. klikenter27 berkata:

    jaman bis baker jogja – kaliurang tuh, ga ada spion kirinya, sein juga cuma kaya papan bentuknya tangan nunjuk ke kanan atau ke kiri wkwkwkwkwk…

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s