Mengenal Kunci L atau Hexagonal Keys, Tidak Sekedar Berbentuk L, Ada Pembagian Jenis dan Bentuk

Assalamualaikum,

Penting tapi jarang yang memiliki atau sebagai alat yang wajib dimiliki di dalam kendaraan. Kunci L adalah produk yang banyak digunakan pada kebutuhan teknik, dengan fungsi utama yang digunakan untuk instalasi baut L (socket cap screw). Sekarang banyak bodi motor yang memakai baut L ketimbang baut bintang.

Nah, kunci L sendiri tidak hanya di bagi dalam beberapa ukuran mm. Tapi juga dibagi beberapa standart bahan dan bentuk. Tidak bisa digeneralisir. Seperti inilah standart teknologi yang dipakai pada produk kunci L :

  • S2 Materials.

S2 Materials, jenis bahan logam yang digunakan sebagai bahan standar untuk Kunci L. Pengembangan dari material Chrome Vanadium yang telah dihilangkan kadar karbonnya, sehingga memiliki karakteristik sifat baru yaitu lebih fleksibel atau “lentur”.

Tujuan dari pengembangan dan penggunaan material S2 ini dikarenakan kebutuhan karakteristik material logam untuk produk Kunci L  yang harus kuat, tetapi memiliki sifat fleksibel / lentur. Dapat sedikit memberikan gaya sentrifugal ketika digunakan, sehingga proses pemasangan dan pelepasan baut L menjadi lebih mudah dan cepat. Jadi ketika brosis mendapati bahwa kunci L yang Anda gunakan sedikit melentur, jangan kuatir, itu adalah hal yang wajar dan sama sekali tidak mengurangi kekuatan kunci L.

  • Standard & Ballpoint tip.

Pada produk Kunci L, desain produk yang diciptakan memiliki bentuk model yang beragam, yaitu standard design dan ballpoint tip design. Standard design adalah desain yang paling banyak digunakan pada produk Kunci L, produk ini disebut dengan standard design karena pada ujung (tip) pada produk Kunci L berbentuk segi 6, sama dengan ukuran dari kunci tersebut.

Sedangkan Ballpoint tip adalah desain dengan bentuk melingkar yang diterapkan pada salah satu ujung kunci tersebut. Keunggulan dari penerapan bentuk ini untuk menciptakan fleksibilitas dalam penggunaan produk Kunci L, sehingga posisi Kunci L tidak harus dalam kondisi lurus saat produk tersebut digunakan.

  • Shape model.

Produk Kunci L diciptakan menjadi 2 jenis, berdasarkan model ujung mata Kunci L tersebut. Jenis pertama yaitu model Hexagonal shape, atau biasa disebut dengan Kunci L standar. produk dengan model ini memiliki ciri-ciri utama yaitu ujung permukaan yang berbentuk segi 6 (enam).

Sedangkan untuk satuan (units) yang digunakan pada produk Hexagonal keys adalah “Metric” yang menggunakan satuan {mm), dan “Whitworth”, yang menggunakan satuan (inchi).

Kunci L torx, atau biasa kita sebut dengan Kunci L bintang. Perbedaan utama pada bentuk model Kunci L ini yaitu ujung permukaan yang berbentuk bintang dengan 6 sisi.

Tujuan dari diciptakannya bentuk ini tentunya untuk pemassangan baut L dengan jenis Star socket screw / torx. Socket screw (Baut L bintang).

Nah, bagaimana brosis? Sedikit banyak semoga membantu brosis dalam petahuan serta membagi jenis kunci L. Tidak lagi cuma ukiran, tapi bentuk, fungsi dan sifatnya juga berbeda.

Berikut contoh pada produk Tekiro Hand Tools, Believe Your Choice :

Memiliki berbagai jenis dan fungsi. Setelah membaca pembagian kunci L di atas, pastikan tidak salah beli kunci lagi ya. Karena kekuatan dan bentuknya berbeda. Sifatnya juga berbeda. Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

,

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Alat Perkakas, Gambar dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s