Spesial Seputar Handtools : Wajib Tahu! Jenis Jenis Tang, Agar Tak Salah Sebut

Assalamualaikum,

Brosis, Tang adalah sejenis alat yang berfungsi untuk mencengkram atau memegang komponen yang akan di buka dengan cara diputarkan bagiannya. Tang ini juga dapat digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan mur dan baut tetapi tidak dianjurkan untuk penggunaan tersebut karena kekuatan cengkraman Tang tidak sekuat cengkrama Kunci Pas dan kunci kunci yang lainnya.

Berbeda dengan kunci Inggris, Tang mempunyai beberapa jenis dan fungsinya berbeda satu sama lain. Tang memiliki struktur keras pada bagian tumpuan dan jepitan, contohnya di Tang Kombinasi. Lalu apa saja sih jenis jenis tang tersebut, berdasarkan fungsinya.

Tekiro sendiri juga memproduksi beberapa handtools jenis Tang yang terdiri dari beberapa jenis Tang yang berbeda, lumayan lengkap. Keunggulan dari Tang Tekiro ini adalah bahannya dari stainless steel yang tahan karat dan keropos. Berbeda dengan tang biasa, yang pada umumnya mudah berkarat dan rentan macet pada engselnya. Ditambah semua alat produksi Tekiro melalui dua QC ketat, untuk memastikan kualitasnya benar benar baik sebelum dilepas ke pasar.

Untuk jenis Tang yang dijual oleh Tekiro, bisa dilihat di gambar di bawah : 

Banyak ukuran ya, serta banyak jenis. Nah, agar tak salah sebut nama dan juga supaya lebih tahu. Berikut beberapa jenis tang berdasarkan fungsinya :

Tang Kombinasi, Tang ini merupakan tang yang sering kita jumpai pada saat berkerja dan banyak sekali kegunaannya. Antara lain dapat digunakan untuk menjepit, memuntir, dll.

Tang Curut, Tang curut ini bentuknya mirip dengam tikus curut, yaitu jenis tikus yang moncongnya panjang dan lancip. Tang ini juga berfungsi untuk menjepit, dan memudahkan untuk menjangkau sela-sela sempit.

Tang Buaya, biasanya dilengkapi dengan pengunci obyek yang di operasikan dengan cara memuntir pada bagian ujung tangkainya. Fungsi dari tang ini adalah untuk menjepit baut atau mur.

Tang Burung, Tang ini mirip dengan paruh burung, tang burung ini mempunyai daya cengkram yang kuat. Karena pengungkitnya lebih panjang dan kepala langsung ke obyek. Untuk ukuran tersedia dalam ukuran 8 inchi,10 dan 12 inchi.

Tang potong, Tang ini mempunyai mata pisau di sisi dalamnya. Tang ini berfungsi untuk memotong kabel dan kawat.

Tang Snap Ring, Tang ini dikenal juga dengan nama tang spi, yaitu berfungsi untuk menarik bantalan kecil dan sebagainya. Tang ini ada 2 model yang dibedakan berdasarkan ujungnya yaitu lurus dan bengok.

Tang Kakak Tua, Tang kakaktua khusus digunakan untuk memegang atau mencabut paku. Dimana juga berfungsi buat memotong kawat benrat. Paling banyak dipakai di material.

Tang Rivet, Terdapat dua tipe yaitu biasa dan fleksibel, kedua fungsinya sama yaitu untuk memasang paku keeling. Untuk yang fleksibel dapat digunakan untuk bidang lurus maupun sudut.

Tang Slip Joint, Tang standar bawaan mobil dan motor. Dimana biasanya menjadi bonus disaat mobil/motor diterima. Fungsinya hampir sama dengan tang kombinasi, tetapi lebih sederhana dari tang kombinasi dan bisa lepas pasang.

Tang Kupas, Tang yang berfungsi sebagai pengupas kabel mulai dari yang kecil sampai yang besar.

Nah, bagaimana brosis? Untuk mengetahui harga masing masing tools bisa dicek di Official Tekiro di TokoPedia. Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

,

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Alat Perkakas, Gambar dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s