Pasang Velg Ring 12 Scoopy baru, ke Scoopy lama tanpa ganti Triple Clamp

banner

Assalamualaikum

Brosis, desain imut dan unik milik Scoopy terbaru memang bikin banyak orang klepek klepek. Alih alih beli matic buat sekedar memudahkan berkendara. Pilihan ke Scoopy Ring 12 ini karena memang secara model menarik. Itu yang bro ndess tangkap. Yang unik lagi tentunya desain velg ring 12nya.


3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Pasti beberapa orang pengen itu velg. Terutama owner Scoopy lama yang memakai ring 14. Pengen ganti tapi kok sayang, motor riwayat hahaha. Rekan bro ndess, Marnu Triono yang bekerja di salah satu dealer Honda di Kediri membocorkan cara memasangnya.

Kalau brosis googling mah yang keluar saran yang mungkin abis baca sudah nyerah imajinasinya. Nah, kali ini bro ndess akan share caranya yang telah dipraktekkan oleh kang Marnu Triono. 

Yang perlu disiapkan tentu velg ring 12 milik Scoopy. Nah, yang kedua adalah motor Scoopy yang akan dimodifikasi. Di gambar berikit adalah Scoopy tahun 2014. Ada beberapa penyesuaian pada roda depan dan belakang.

RODA BELAKANG

Untuk roda belakang Ring 12 milik Scoopy baru, bisa dipasang dan saling tukar. PNP, ukuran as, alur dan  mur pengunci kedua sama. Dijamin aman, sama sekali tidak ada bagian yang bersentuhan dengan ban.

RODA DEPAN

Berbeda dengan roda belakamg. Untuk roda depan ban ring 12 Scoopy tidak bisa di pasang di scoopy lama secara PnP. Karena, lebar dari triple clamp atau kalau bengkel rumahan menyebutnya “T”, keduanya memang berbeda.

Memang terjadi gesekan antara ban dengan tabung suspensi, saat di pasang. Namun itu terjadi karena tanpa dipasang bushing kanan dan kiri. Nah ada dua hal yang perlu disesuaikan :

  1. Bushing kanan maupun kiri harus di pangkas dengan ukuran yang disesuaikan agar roda bisa tepat di tengah. 
  2. Dudukan cakram harus di pangkas, menyesuaikan kaliper rem. Jika tidak dipangkas di jamin piringan cakram akan bergesekan dengan tabung suspensi dan kaliper cakram tidak bisa di pasang.

Pengerjaan pemapasan, lebih presisi jika di tukang bubut. Jadi tidak perlu sampai mengganti triple champ atau “T” motor. Cukup main papas beberapa bagian sisi depan. Kemudian untuk roda belakang PnP. Hal ini sudah dipraktekkan oleh Marnu Triono, owner WarungBikers.com pada motornya sendiri, yang bro ndess share di sini.

Semoga bermanfaat.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim Dari PortalModif.wordpress.com

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

 

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Gambar, kreatif, modifikasi, Tips Oto dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pasang Velg Ring 12 Scoopy baru, ke Scoopy lama tanpa ganti Triple Clamp

  1. Agusman berkata:

    Pemangkasan dudukan cakramnya di velg berapa milimeter om.

    Suka

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s