Foto Lama Pembangunan Rel Kereta Api Bojonegoro Jaman Belanda 1890

X RIDE_3

21314715_1445017805574809_3666143205655801611_n

Assalamualaikum

Pembangunan rel kereta api di jaman penjajahan Belanda memang menyisakan beberapa ruas rel yang sampai sekarang masih ada. Pembangunannya tidak asal pasang (walau pekerjanya dari pribumi). Urutannya benar-benar diperhatikan oleh arsitek kolonial Belanda. Biasanya mengikuti arus air bawah tanah. Buktinya, sampai hari ini jalur peninggalan rel Belanda masih ada walau sudah diperbaharui oleh PT KAI.

Nah, foto-foto saat pembangunan rel bisa kita lihat di beberapa musium. Namun kebanyakan arsipnya ada di negara kincir angin, Belanda. Seorang netizen bernama Nofian Faridhotan( facebook.com/faridhotan.nofian – 4/9/2017 ) membagikan foto bersejarah ini, yang di dapatkan dari situs resmi Gallery Museum Amsterdam. Foto yang menampilkan pembangunan jalur rel kereta api di Bojonegoro tahun 1890.

Foto ini menunjukkan beberapa pekerja pribumi, beberapa wanita asli dan anak-anak serta beberapa orang Eropa. Beberapa kuda, montuing rel kereta api dan kayu yang masih utuh diolah untuk dijadikan beberapa bagian kecil. Kayu jatinya asli dari pegunungan setempat. Perlu diketahui kualitas kayu jati di pegunungan Bojonegoro ini yang terbaik.

Jika brosis tahu jalur rel non aktif Jatirogo – Bojonegoro yang dikenal sebagai rel bengkong, inilah jalur tersebut! Dibangun saat era penjajahan Belanda. Di mana di salah satu jembatan tepatnya di kali ketek, terjadi peristiwa heroik penghancuran jembatan rel oleh gerilyawan untuk menghambat laju kereta milik Belanda.

Jalur kereta ini sebelum di nonaktifkan juga sebagai salah satu jalur kereta api yang dimanfaatkan warga sekitar untuk hilir mudik Jatirogo – Bojonegoro via Kereta Api. Brosis ada yang punya notalgia dengan jalur ini?

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Kategori sama :

Artikel Terbaru :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di otomotif, sekitar, Transportasi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s