Sebuah helikopter mewah kepada Presiden dan Wakil Presiden oleh TNI AU

image

Assalamualaikum

Brosis, sempat banyak pemberitaan di portal-portal berita terkait pengadaan helikopter terbaru Agusta Westland AW-101 yang katanya dibeli oleh pemerintah untuk Presiden dan Wakil Presiden. Hal ini tentu bikin panas mereka yang selalu kontra dengan pak Presiden dan menghujat semakin menjadi-jadi. Nah, bro ndess sudah baca kalau helikopter tersebut bukan pemerintah yang mengadakan.

Adalah TNI-AU yang berinisiatif mengadakan helikopter super mewah yang memiliki spesifikasi dan kelas di atas Super Puma tersebut. Klarifikasi dari Sekretaris Militer Kepresidenan, Marsekal Madya Hadi Tjahjanto  membantah bahwa helikopter tersebut dibeli pemerintah. Seperti kita tahu banyak yang mengkritik dan menghujat ketika tersebar berita pemerintah membeli helikopter tersebut.

Menurut Sesmilpres, helikopter tersebut sepenuhnya diadakan oleh TNI-AU sedangkan pemerintah hanya sebagai usernya. Alasannya adalah Super Puma sudah berusia lama dan diadakan pembaruan demi keamanan dan keselmatan Presiden dan Wakilnya saat blusukan ke daerah.

“Pengadaannya bukan oleh Sekretariat Negara (Setnet), ya, tetapi oleh TNI AU. Kami (Sesmilpres) hanya memakainya saja saat Presiden atau Wapres melakukan kunjungan kerja. Pemeliharaannya sehari-hari juga akan dilakukan TNI AU. Bagi Sesmil, yang penting saat akan digunakan Presiden atau Wapres, helikopter itu siap,” ujar mantan Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, dan mantan Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Dikutip dari Kompas)

Jadi untuk biaya pemakaian yang menanggung pemerintah, namun untuk pemeliharaan ditanggung oleh TNI-AU. Keduanya baru bersama-sama menentukan dalam hal penyediaan dan kesiapan pemakaian serta bahan bakar dan pemilihan pilot-kopilot. Panglima TNI dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR menjelaskan, Super Puma bukanlah helikopter VVIP karena tidak anti peluru. Oleh karena itu demi keamanan Presiden dan Wakilnya, TNI-AU inisiatif mengadakan helikopter terbaru demi keamanan.

Helikopter AW-101 memiliki standar pengamanan modern, seperti perahu karet dan sarana bantalan udara yang
mengembang seperti air bag (kantong udara) saat terjadi benturan fisik. Memiliki kapasitas 13 penumpang dan kabin lebih luas. Konfigurasi helikopter yang dipesan TNI-AU ini masih dalam rancangan konfigurasi untuk kelengkapan militer Helikopter Kepresidenan. Tim penerbang dan Teknisi TNI AU akan ke prancin awal 2016 dan rencananya bakal diperkenalkan dan dioperasikan paa 29 juli 2016.

Helikopter kepresidenan Agusta Westland AW-101 rencananya dioperasikan oleh Skuadron Udara 45 VVIP yang memiliki tugas pengamanan terhadap pejabat negara dan berpangkalan di Lanud Halim. Selain pengadaan helikopter Super Puma yang baru, TNI juga melakukan pengadaan Helikopter Serbu AH-64 Apache untuk TNI AD dan Helikopter anti Kapal Selam TNI AUPeremajaan helikopter itu sejalan dengan pengadaan heli serbu AH-64 Apache untuk TNI Angkatan Darat dan helikopter anti kapal selam untuk TNI Angkatan Laut.

3A330F33E0FDB54C8C27690583FBA366

Dikirim dari Lenovo Ndeso 94 TAB 2 Android.

Artikel lain :

Iklan

Tentang Bro Ndes 94

Seseorang yang mempunayi hobi menulis, membaca, dan mencari ilmu baru. Tak ada paksaan dalam menulis, karena menulis itu seperti mengalir. Jika terbiasa maka kita akan kecanduan. #Poko'e_Joget#
Pos ini dipublikasikan di Lain-lain dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sebuah helikopter mewah kepada Presiden dan Wakil Presiden oleh TNI AU

  1. Ping balik: Presiden menolak pembelian Helikopter Inggris-Italia oleh TNI-AU, lebih memilih produk dalam negeri | Ndeso94(dot)com – Blogger Pinggiran

Mohon di komentari, kritik dan saran. Yuk diskusi bareng :-) Jika komen anda masuk spam hubungi admin

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s